Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Yayasan Pendidikan Islam (YPI) AL Ma'arif Kedungkendo-Candi Memperingati Hari Pendidikan Nasional

Rabu, 03 Mei 2023 | Mei 03, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-03T07:24:36Z


PEWARNA PUBLIK SIDOARJO,-Bertepatan Hari Pendidikan Nasional YPI AL MA'ARIF KEDUNGKENDO-CANDI ( MI, MTs & MA Ma'arif NU ) melaksanakannya Upacara peringatan Hari pendidikan Nasional (HARDIKNAS) dengan penuh Hikmat di Halaman Yayasan pendidikan Islam  AL Ma'arif selasa 2/5/23.

Upacara kali ini di ikuti oleh Siswa - Siswi MI Ma'arif dari kelas 1 sampai kelas 6, Siswa MTs dari kelas 7 sampai kelas 9 dan Siswa MA kelas 10 sampai kelas 12. Pembina Upacara  diwakili oleh Kepala Madrasah dari MTs Ma'arif NU yaitu Hj. Siti Cholifah, M.Pd. Dalam amanatnya beliau menyampaikan bahwa "upacara kali ini sangat istimewa karena masih dalam suasana hari raya idul Fitri" ( ungkapnya).

Hari pendidikan Nasional (HARDIKNAS) INI merupakan hari nasional tahunan yang diperingati setiap tanggal 2 Mei. Tanggal tersebut dipilih berdasarkan hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Pendidikan Nasional. Sejumlah isu pendidikan di tanah air, terutama perjalanan 3 tahun pelaksanaan program Merdeka Belajar.Hal ini selaras dengan tema Hari Pendidikan Nasional 2023 yaitu *“Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.”*


Selain itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi juga mencanangkan bahwa bulan Mei 2023 menjadi Bulan Merdeka Belajar.Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

 Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.
Setelah Upacara peringatan Hardiknas selesai dilanjutkan Kegiatan Halal bihalal yang diikuti semua peserta upacara baik guru maupun murid dari MI, MTs & MA Ma'arif NU Kedungkendo-Candi Sidoarjo. Kegiatan Upacara HARDIKNAS & Halal bihalal kali ini sangat meriah dan menyentuh di benak hati kita semua.

(Arif)
×
Berita Terbaru Update