Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menyorot Pengelolaan Aset Daerah Kabupaten Samosir

Kamis, 01 Desember 2022 | Desember 01, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-01T17:08:38Z
PEWARNA PUBLIK SAMOSIR,- Aset atau barang milik daerah merupakan salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan kepada masyarakat. Barang milik Daerah (BMD) merupakan salah satu Aset yang paling Vital yang dimiliki daerah guna menunjang Operasional jalannya pemerintahan didaerah. (Kamis, 01Deaember 2022)

Sekolah merupakan salah satu dari bagian aset pemerintah daerah dalam mendukung majunya dunia pendidikan disuatu daerah. Namun di kabupaten Samosir beberapa sekolah sudah tidak melakukan lagi proses belajar mengajar.
Dugaan sekolah ditutup dikarenakan Siswa yang belajar tidak ada, atau ada faktor lain.

Awak media di bulan November 2022 mengunjungi dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Samosir guna menanyakan perihal Aset Sekolah SD dan SMP yang ada di kabupaten Samosir, di mana harapan akan dapat data Sekolah terkait legalitas sekolah apakah Aset Sekolah SD dan SMP di Kabupaten sudah Sertifikat atau masih berbentuk Hibah atau Pinjam pakai.

Bagian Aset di dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Samosir mengarahkan awak media untuk menanyakannya ke bidang aset di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Samosir agar lebih jelas.

Dimana hal tersebut agar lebih jelas,
Untuk lebih data yang valid akan Aset daerah khususnya aset sekolah yang ada dikabupaten Samosir serta mengikuti PERMENDAGRI Nomor 19 TAHUN 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Aset Dearah, Awak media menghubungi Kepala bidang Aset di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, melalui pesan WhatsApp,
Dimana untuk berkunjung keruangan dan bertemu agak sulit dikarenakan banyak nya pekerjaan dan kunjungan kerja lapangan, Namun bersyukur lah masih dapat konfirmasi melalui pesan WhatsApp.

Di tanggal 29 November 2022 awak media Coba Konfirmasi kepada O. Limbong kepala Bidang Aset di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah kabupaten Samosir guna menanyakan Sekolah SD dan SMP mana yang masih berbentuk Hibah dan yang Sudah sertifikat.
Namun kepala bidang Aset menjawab agar membuat surat permintaan melalui dinas Kominfo.

"Boleh lae ku, tapi bersurat lah melalui diskominfo ya lae, ikkon sada pintu inna kaluar (mesti satu pintu keluar) data dan informasi lae da," Jawab O.Limbong Kabid Aset Melalui Pesan WhatsApp nya.

Akan jawaban dari Kabid Aset tersebut, Awak media juga menanyakan mengapa mesti ke dinas Kominfo dimana Pihak Aset lah yang tau mana yang sudah sertifikat dan yang belum akan Aset pendidikan berupa Sekolah.

"Semua informasi melalui satu pintu lae, melalui kominfo, itulah yang sampai petunjuk ke kami," Jawab kepala bidang Aset di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah kabupaten Samosir.

Awak media coba menanyakan apa regulasinya kepada kepala bidang Aset, kenapa harus melalui Kominfo Media bersurat guna mendapatkan data akan Sekolah SD dan SMP yang ada di kabupaten Samosir.

"Mendasari Undang undang keterbukaan informasi publik lae, nanti orang kominfo yang mintakan datanya ke kami dan kominfo yang memberikan datanya ke yang meminta data," jawab O Limbong.

Guna melanjutkan hal tersebut Kamis 01 Desember 2022 awak media coba menghubungi kepala dinas Kominfo kabupaten Samosir Imanuel Sitanggang melalui telepon Seluler dan menanyakan mengapa mesti melalui dinas Kominfo bersurat guna informasi Aset Dinas pendidikan terkait Sekolah SD dan SMP

"Benar Itu sesuai aturan, dimana saya sebagai pejabat pengelola informasi dan dokumentasi yang selanjutnya disebut PPID, Silahkan untuk membuat surat ke kita dan kita akan melanjutkan ke OPD terkait," Jawab Kepala dinas Kominfo kabupaten Samosir.

Awak media coba menanyakan hal tesebut kepada Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKPD ) Melva Siboro Kamis 01 Desember 2022 melalui pesan WhatsApp apakah mesti memakai surat guna meminta Info akan data sekolah SD dan SMP yang ada dikabupaten Samosir terkait Aset, dimana menurut kepala bidang Aset harus melalui dinas Kominfo dan dinas Kominfo lah yang memberikan data nantinya.

"Kalau SD dan SMP mungkin paling pas ke diknas ya pak," jawab kepala BPKPD Kabupaten Samosir. (Tampu 29)

×
Berita Terbaru Update