Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Antisipasi Gangguan Kelistrikan, Rutan Sigli Periksa Genset Listrik Secara Rutin

Minggu, 13 Agustus 2023 | Agustus 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-13T12:49:33Z


PEWARNA PUBLIK SIGLI,-
Listrik memang menjadi kebutuhan utama pada suatu lembaga pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara, terlebih dengan kondisi penghuni lapas/rutan yang over kapasitas, kebutuhan air untuk sarana mandi cuci kakus (MCK) yang tinggi sangat bergantung pada pompa air listrik, penyediaan makanan untuk warga binaan yang dilakukan di dapur rutan juga sangat bergantung terhadap listrik, pada sisi keamanan dan ketertiban terutama saat malam hari juga memiliki kebutuhan terhadap listrik mulai dari penerangan kamar hunian, area blok serta area beranggang memerlukan penerangan yang cukup. Minggu (13/8/2023).


Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sigli Kanwil Kemenkumham Aceh A. Halim Faisal, A.Md.IP.,S.H melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sigli, Husni mengatakan, pagi ini kita melakukan pemeriksaan genset listrik, Kegiatan ini adalah kegiatan rutinitas yang kita lakukan untuk memastikan mesin tetap aktif dan siap digunakan saat keadaan darurat.

"Pemeriksaan pada genset kita lakukan dengan cara dipanaskan layaknya motor atau mobil. Sehingga tetap terjadi pelumasan dan tidak terjadi keausan pada mesin genset, sebut Husni.

Husni menambahkan, memeriksa performa mesin genset. Dengan ‘starting’ atau pemanasan mesin kurang lebih selama 10 menit. Memastikan genset dalam keadaan baik dan siaga.

"Kita juga memeriksa bagian bahan bakar, accu genset, indikator dan sistem kontrol. Pemeriksaan accu di bagian alur koneksi terminal aki, dipastikan agar tidak longgar. Sistem listrik DC (accu) ini dipastikan tidak berkarat. Sedangkan pemeriksaan sistem kontrol bermanfaat untuk melancarkan penyaluran beban.

“Kita periksa secara keseluruhan. Bahkan termasuk pembuangan asap dan sistem pendinginan kita perhatikan. Alhamdulilah semua berfungsi dengan baik,” tutur Husni.

Akses genset hanya dapat dimasukki oleh petugas tertentu guna memastikan kondisi genset agar tetap berfungsi. Petugas yang dapat mengakses diantaranya adalah Ka.KPR, Kasubsi Pengelolaan, Komandan Jaga, dan Petugas bagian Perlengkapan.


“Pemeliharaan listrik dan genset ini merupakan salah satu bentuk deteksi dini yang dilakukan Rutan Sigli, menimbang kita (Rutan) sangat bergantung pada listrik yang menjadi kebutuhan utama” tutup Husni, selaku Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Sigli.

(Rdwn)
×
Berita Terbaru Update