Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

MI.Ma'arif Kedungkendo - Candi.Melaksanakan Pondok Ramadhan 1444H/2023M.

Minggu, 16 April 2023 | April 16, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-16T13:34:00Z


PEWARNA PUBLIK SIDOARJO-, 
Sudah menjadi agenda rutin MI. Ma'arif Kedungkendo  pada setiap tahun mengadakan Pondok Ramadhan. Hal ini, dilakukan sebagai sarana pelatihan untuk melatih kepribadian para siswa ataupun siswi baik secara jasmani maupun rohani terutama di bulan yang penuh berkah ini,bulan penuh magfiroh dan bulan yg lebih baik dari seribu bulan.

 Sambutan pembukaan Pondok Ramadhan 1444 H/ 2023 M, Kepala MI.Ma'arif Kedungkendo Candi  Hj.Enis Faricha  berharap para siswa bisa mengikuti semua rangkaian kegiatan dengan baik, semangat dan penuh keikhlasan. “Karena di bulan Ramadhan apa yang kita lakukan akan berlipat ganda pahalanya oleh Allah SWT,” ujarnya.
Pembukaan Pondok Ramadhan tersebut dilaksanakan pada Jum' at  (14/4/2023) dengan sederhana dan khidmat yang berlangsung sampai dengan Sabtu (15/4/2023).

Kegiatan pondok Ramadhan ini dengan mengambil tempat di halaman sekolah & di masjid Nurul Islam Kedungkendo Candi telah hadir siswa kelas 1 sampai kls 6 untuk mengikuti kegiatan Pondok Ramadhan. Kegiatan Pondok Ramadhan diikuti oleh 204 siswa. Yg di laksanakan pembukaan pada hari Jum'at di lanjutkan materi secara klasikal oleh Bpk .Drs.M.Sudjono kemudian di lanjutkan lagi materi di kls masing - masing dg berbagai materi tentang Fiqih puasa.


kemudian di hari ke dua kegiatann pondok Ramadhan dilaksanakan di masjid untuk melanjutkan materi klasikal oleh Bpk.H.Abd.Halim,S.PdI dg tema "4 golongan  orang" yg di rindukan Surga" Yg pertama orang yg senang membaca Al-Qur' an,yg kedua orang yg bisa menjaga lisan,yang ketiga orang yg suka memberi makan orang miskin dan yg ke empat orang yg berpuasa Ramadhan.

Kemudian acara sore hari di lanjut safari Ramadhan di halaman madrasah yaitu  Muroja' ah khusus kls 5 & 6  ,santunan anak yatim ,sholat magrib berjama' ah,buka puasa bersama  sekaligus sholat isya dan sholat tarawih berjama'ah.

Lanjut di dalam sambutannya,Kepala MI.Ma' Arif kedungkendo menyampaikan kegiatan pondok Ramadhan ini di selenggarakan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah .kemudian menyampaikan firman Allah yg terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 183 yg artinya " Hai orang- orang yang beriman ,diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang- orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa".

Tiga hal disampaikan terkait puasa bulan suci Ramadhan ini. Pertama, perintah puasa disampaikan untuk orang-orang yang beriman, kedua berniat melaksanakan ibadah puasa dengan baik dan semaksimal mungkin, dan ketiga adalah mencapai target di akhir bulan suci Ramadhan agar kita menjadi orang-orang yang bertaqwa. Demikian kurang lebih kita memaknai yang telah difirmankan Allah dalam surat Al Baqarah ayat 183 tersebut.
(Arif)
×
Berita Terbaru Update