Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tekad Bupati Dairi Bangun Kopi Sidikalang Kembali Mendunia

Rabu, 01 Maret 2023 | Maret 01, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-02T04:01:15Z

PEWARNA PUBLIK DAIRI, -
Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng menyampaikan keinginan besarnya mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang agar kembali Mendunia.

Hal tersebut disampaikan dalam acara 'Ngashow'  yang disiarkan secara live di RRI Pro 1 Medan, Rabu (1/2/2023), dari gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Taman Rekreasi, Sidikalang.

Disebutkan Bupati, mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang tentu tidak mudah dan butuh kerjasama seluruh pihak.

Yang menjadi tantangan saat ini menurut Bupati adalah jumlah ketersediaan kopi Sidikalang yang terbatas.

Dia mengatakan apabila kita menginginkan pasar dunia maka usaha keras dan kolaborasi seluruh pihak mutlak diperlukan.

"Acara seperti inilah yang menguatkan tekad kami, secara perlahan memperkenalkan dan mengingatkan kembali pada khalayak keunikan rasa Kopi Sidikalang, termasuk pada event F1H2O," kata Bupati Eddy Berutu.

Disebutkan komitmen lain yang sedang dibangun Pemkab Dairi dalam mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang agar mendunia adalah membangunnya dari hulu hinga hilir. 

Itu sebabnya, kata Bupati, kita hadirkan kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Perdagangan dan UMKM, juga pelaku usaha sekaligus petaninya malam ini.

Tidak lupa Bupati juga menyampaikan alasan yang membuat kopi Sidikalang spesial. Pertama, bibit yang memang kualitas baik. Kedua, kopi Sidikalang  ditanam di ketinggian berbeda meskipun sama-sama di Dairi, akan menghasilkan rasa yang berbeda.
 
Dan ketiga adalah rata-rata kopi Sidikalang diurus dan dikelola oleh perempuan-perempuan tangguh yang penuh dedikasi.

"Kopi Sidikalang saat ini sudah ditanam di lebih dari 1756 ha.Tugas kita saat ini adalah mengembalikan availability atau ketersediaan kopi Sidikalang. Harapan saya kejayaan kopi Sidikalang bisa kita capai," katanya mengakhiri. 

(hms)
×
Berita Terbaru Update