Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dukung Satu Data Indonesia, Pemkab Taput Gelar Sosialisasi Metadata dan Pembinaan Statistik Sektoral.

Kamis, 30 Maret 2023 | Maret 30, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-30T23:04:55Z



Tapanuli Utara Pewarna Publik // Penyelenggara Satu Data Indonesia yang terdiri dari BPS sebagai pembina data, Dinas Kominfo sebagai wali data serta seluruh Perangkat Daerah sebagai produsen data. Saya minta kepada para peserta untuk mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari para narasumber. Selanjutnya, Satu Data Indonesia dapat terwujud di Tapanuli Utara apabila seluruh penyelenggara data terkait dapat bekerjasama, kolaborasi dan bersinergi sesuai fungsinya untuk menghasilkan data statistik sektoral yang berkualitas. Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara siap berkolaborasi dengan Badan Pusat Statistik".


Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Tapanuli Utara Drs. Indra S. H. Simaremare, M. Si ketika mewakili Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si pada pembukaan Sosialisasi Metadata dan Pembinaan Statistik Sektoral di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara yang juga dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Hendrik Taruna serta Kepala BPS Tapanuli Utara Ester Sitorus, bertempat di Aula Martua Kantor Bupati Tapanuli Utara. (Kamis, 30 Maret 2023). 


Dijelaskan juga bahwa dalam perencanaan pembangunan daerah dibutuhkan satu data yang akurat sehingga kebijakan yang ditetapkan dapat lebih maksimal.


"Data yang akurat dan disajikan dengan benar sangat bermanfaat dalam perencanaan serta pembangunan suatu daerah. Misalnya, dari Dinas Pekerjaan Umum kita tahu bahwa sekitar 70% jalan Kabupaten dalam kondisi baik, 30% jalan yang dalam kondisi kurang baik terletak di Kecamatan Garoga, Parmonangan dan Simangumban. Data tersebut dapat digunakan untuk menentukan skala prioritas pembangunan infrastruktur jalan di masa yang akan datang," akhir arahan Sekda Indra Simaremare. 


Kepala Dinas Kominfo Hendrik Taruna melaporkan sosialisasi dan pembinaan yang diikuti oleh para admin data dari seluruh Perangkat Daerah dan Kecamatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan kegiatan statistik sektoral. 


"Tujuan dari kegiatan ini yang pertama adalah sosialisasi tentang fungsi statistik sektoral. Kedua, menambah kompetensi dan kapabilitas admin data statistik sektoral untuk mewujudkan Satu Data Indonesia Kabupaten Tapanuli Utara. Ketiga, mempermudah akses data sektoral yang berkualitas kepada masyarakat. Semoga melalui sosialisasi dan pembinaan ini data sektoral yang dihasilkan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara akurat dan mudah diakses," lapor Hendrik Taruna. 


Kepala BPS Tapanuli Utara Ester Sitorus dalam paparannya menyampaikan bahwa BPS bersedia berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam meningkatkan kualitas data statistik sektoral. 


"Pada tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara telah menyelenggarakan data statistik sektoral, dimana BPS berkolaborasi dengan dua Perangkat Daerah yaitu Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian. Nilai IPS (Indeks Pembangunan Statistik) Tapanuli Utara Tahun 2022 berada pada posisi lima besar se-Provinsi Sumatera Utara. Tahun ini kolaborasi ditingkatkan dengan melibatkan seluruh perangkat daerah," jelas Ester Sitorus. 


Usai penjelasan Kepala BPS Taput, selanjutnya para Narasumber dari BPS memberikan bimbingan kepada para admin perangkat daerah agar nantinya semua data yang dikumpulkan dan disajikan sesuai dengan kaidah-kaidah statistik.[Tohap Simaremare]
×
Berita Terbaru Update