Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dandim 0414/Belitung Mengikuti Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Rakor Forkopimda Kabupaten Belitung Tahun 2022

Senin, 21 November 2022 | November 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-21T09:00:58Z
PEWARNA PUBLIK BELITUNG,-
Dandim 0414/Belitung, Letkol Inf Hairil Achmad ,S.I.P Mengikuti Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kegiatan Yang Berlangsung Di Ball Room Grand Hatika Hotel Jalan Kemuning, Kelurahan Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpanda, Kabupaten Belitung,
Senin (21/11/2022).

Dalam Kegiatan Rakor dihadiri juga oleh,
Bupati Belitung, H Sahani Saleh, S.Sos, 
Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Ansori,
Kapolres Belitung, AKBP Tris Lesmana Z., Kajari Belitung, IG. Punia Atmaja,
Ketua KPU Kabupaten Belitung, Soni Kurniawan, Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung yang diwakili, Ibu Rina  Dardini
 Sekda Kabupaten Belitung, H MZ. Hendra Caya, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala Badan dan Dinas, Kapala Bagian serta Camat Jajara Pemkab. Belitung yang berjumlah sekitar 30 orang. 
 
Dalam Penyampaian Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos di antara lain,
Masalah dukungan anggaran Pilkada 2024, pemerintah daerah akan mendukung sepenuhnya, kepada para camat supaya mendukung sepenuhnya tahapan pemilu dan pilkada terutama masalah tenaga administrasi untuk KPU dan Bawaslu.

Anggaran untuk KPU dan Bawaslu sepenuhnya akan didukung, salah satu keberhasilan pemilu dan pilkada adalah partisipasi masyarakat, pada Pilkada tahun 2018 angka partisipasinya 78%, dan diharapkan pada pemilu dan pilkada 2024 supaya ditingkatkan. 

Salah satu faktor banyaknya para pelajar yang tinggal diluar Belitung, upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat merupakan tugas pemerintah daerah terutama para camat dan para kades supaya menjadi atensi.
 
Penyampaian Ketua KPU Kabupaten Belitung, Soni Kurniawan di antara lain,
Terkait persiapan dan pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak 2024 dari tgl 14 Juni 2022 secara resmi pentahapan pemilu sudah dimulai, anggaran tahapan pelaksanaan pemilu dibebankan kepada APBN. 

Tahapan saat ini masih Verifikasi factual kepada 9 parpol, KPU bulan Nopember mulai melakukan recrutmen anggota badan adhoc PPK, dan bulan Desember rekrutmen PPS. 

Diharapkan kepada bapak Bupati agar seluruh Camat dan Kades dapat berpartisipasi mendukung tahapan pemilu salah satunya partisipasinya dalam menyiapkan tenaga administrasi untuk di KPU dan Bawaslu. 

Pencalonan anggota DPRD, DPR RI, DPD dan Presiden akan dimulai pada tahun 2023, persiapan Pilkada untuk anggaran sudah didukung sepenuhnya oleh Pemda. 

Jumlah pemilih untuk di TPS akan dikurangi jumlahnya yaitu 300/TPS dan untuk jumlah TPS akan bertambah, alokasi kursi DPRD masih 25 kursi karena jumlah pemilih masih kurang dari 200 ribu. 

Pada bulan Desember KPU akan membahas masalah penetapan DAPIL melalui proses uji publik, seluruh tahapan sampai saat ini masih lancar dan aman.

Dalam kata sambutan Dandim 0414/Belitung, Letkol Inf Hairil Achmad, S.I.P mengatakan, Kami tidak boleh berpolitik praktis namun ini merupakan tugas dan tanggung jawab kami sebagai aparatur kewilayahan dalam mensukseskan pemilu 2024.

Penyelenggara pemilu harus bertindak tegas sesuai aturan yang berlaku, apabila ada hal hal yang perlu dikoordinasikan dengan kami supaya dikoordinasikan sehingga setiap permasalahan bisa dicegah sedini mungkin sehingga tidak menjadi konflik yang meluas," tutup Dandim 
(Rls Pendim/Andri S)
×
Berita Terbaru Update