Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Baharkam Polri kirimkan kapal Cepat RHTI ke Polres Samosir, Untuk Pelayanan Prima Mendukung KSPN Danau Toba

Rabu, 26 Oktober 2022 | Oktober 26, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-27T00:43:08Z
PEWARNA PUBLIK SAMOSIR,- 
Kapolres Samosir untuk pertama kalinya  Menguji Coba kapal cepat di Perairan Danau Toba pulau Samosir,
Yang akan menjadi Wisata Monaco Asia tersebut di tingkat internasional
Rabu (26/10/2022).

AKBP Josua mengatakan, 1 unit Kapal Karet Kaku/RHTI (Rigid Hard Tube Inflatable) ini berasal dari Baharkam Polri diberikan kepada Polda Sumut dan diserahkan kepada Polres Samosir.

"Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Kapolri, Bapak Kabaharkam Polri, Bapak Kapolda Sumut dan Bapak Dir Pol Airud Polda Sumut yang telah serta memberikan perhatian penuh kepada Polres Samosir," ujar AKBP Josua.

Kapolres Samosir memimpin langsung penurunan kapal cepat tersebut ke Perairan Danau Toba di Dermaga Ferry Tao Toba Tomok, Desa Tomok Parsaoran Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir.

Kemudian bersama personel, AKBP Josua melakukan test drive dalam menyisir danau.

Menurut AKBP Josua, Kapal Cepat Rigid Hard Tube Inflatable (RHIT) yang diterima dari Baharkam Polri berharga senilai 9 Milyar. Dan ini adalah untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, serta Mendukung Samosir Sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas Nasional atau Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

"Para pimpinan Polri yang sudah  berkunjung ke Samosir benar-benar  melihat dan  memperhatikan kami disini atas kebutuhan Prasarana didalam mendukung melayani terhadap masyarakat, dalam hal responsibilitas, karena Kabupaten samosir khususnya adalah daerahnya yang dikelilingi oleh perairan danau Toba yang teritorial wilayahnya masih membutuhkan prasarana kendaraan perairan,"terang AKBP Josua Tampubolon.

Dalam kegiatan penuruan Kapal Cepat ke perairairan danau toba selain dihadiri Kapolres Samosir, turut hadir juga Ketua Bhayangkari Cabang Samosir Nyonya Yuli Josua Tampubolon, Kabag Ops Polres Samosir, Kompol Lengkap Siregar SH, Kasat Lantas Polres Samosir AKP Yuswanto SH, Kapolsek Simanindo IPTU Nandi Butar-butar SH, Perwakilan Tokoh Agama Pendeta Gereja GSJA Tomok, Pdt eva Zebua, Personil Polsek Simanindo, Personil Polres Samosir, Personil Sat Pol Air Polres Samosir, dan Personil Pol Air Polres Simalungun.

Sebelum digunakan terlebih dahulu dilakukan  pengecekan dalam kapal cepat tersebut baik barang- barang perlengkapan yang ada pada Kapal Karet Kaku/RHTI (Rigid Hard Tube Inflatable),

Kapal ini dipergunakan untuk pelayanan masyarakat, karena Kabupaten samosir telah menjadi super destinasi pariwisata prioritas Nasional.

Lalu dilakukan serangkain Doa bersama yang di bawakan oleh Pendeta Gereja GSJA Tomok, Pdt eva Zebua sebagai bentuk syukur karena baru saja Polres Samosir menerima prasarana yang diperuntukan untuk kepentingan dalam melayani masyarakat Kabupaten Samosir khususnya.

Penurunan Kapal Karet Kaku tersebut  atau yang disebut/RHTI (Rigid Hard Tube Inflatable) dari truck Ekspedisi jenis truk roda enam (6) dengan nopol B 9021 TGA di Dermaga Pelabuhan Tomok Perairan Danau Toba, dilakukan bersama dengan Personil Polres Samosir.

Test Drive (Uji Coba ) Kapal Karet Kaku/RHTI (Rigid Hard Tube Inflatable) dengan route dari Pelabuhan Tao Toba Tomok Menuju Pelabuhan Ambarita. yang di kemudikan oleh Personil Pol Air Brigadir Lumban Raja didampingi AKBP Josua Tampubolon SH MH, dan Ketua Bhayangkari Cabanag Samosir Ny Yuli Josua Tampubolon beserta para Pejabat Utama Polres Samosir.

Kapal Karet Kaku/RHTI (Rigid Hard Tube Inflatable) diserah-terimakan dari Baharkam Polri Kepolisian Perairan dan Udara kepada Polres Samosir sesuai dengan Surat Berita Acara Serah Terima Nomor : BAST / 60 / X / LOG.8.1./2022/Korpolairud tanggal 19 Oktober 2022.

Kapal cepat ini juga termasuk mendukung event internasional yang akan digelar pada waktu mendatang di Danau Toba khususnya di wilayah Perairan Polres Samosir.

"Apalagi dalam beberapa waktu mendatang, akan adanya event event internasional yang diadakan diperairan danau Toba, Polres Samosir siap mendukung serta mensukseskan agenda nasional maupun internasional serta  program destinasi wisata super prioritas nasional ". tegasnya.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Kabaharkam Polri, Bapak Komisaris Jenderal Polisi Drs. Arief Sulistyanto, M.Si. dan segenap pimpinan yang telah memperhatikan Polres Samosir," pungkasnya lagi

Kapal Karet Kaku/RHTI (Rigid Hard Tube Inflatable) ini stand by di Pelabuhan Ambarita Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir, dikarenakan mobilisasi pelayaran  lintas Kapal lebih banyak di sana. 

Kapolres Samosir mendampingi personel untuk mengujicoba  pertama kalinya kapal cepat yang didatangkan dari Kabarhakam Polri tersebut di perairan Danau Toba Wilayah Samosir, 
Sambil memantau dan melihat ke indahan pulau Samosir.
(Polres/Simbolon Slow)
×
Berita Terbaru Update