Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

SMAN 1 Simangumban Lolos dan Terpilih sebagai Sekolah Penggerak

Kamis, 07 September 2023 | September 07, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-07T14:20:10Z


PEWARNA PUBLIK SIMANGUMBAN,- Prestasi membanggakan diraih oleh SMAN 1 Simangumban, melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Nomor 6555/C/HK.00/2021 tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Program Sekolah Penggerak, SMAN 1 Simangumban, Kabupaten Tapanuli Utara ditetapkan sebagai salah satu dari 382 SMA di seluruh Indonesia sebagai Pelaksana Program Sekolah Penggerak, Kamis 7 September 2023.

Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan katalis visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

 Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya.

Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju.

Program ini dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Sekolah Penggerak.

Kepala Sekolah harus melalui 2 tahap seleksi untuk mengikuti Program Sekolah Penggerak ini seleksi tahap 1, yaitu: pendaftaran, pengisian biodata (CV), pengisian esai, unggah dokumen, sekolah yang dinyatakan lolos di tahap 1 berhak mengikuti seleksi tahap berikutnya, seleksi tahap 2 berupa simulasi mengajar dan wawancara.

Ada 10 kriteria seleksi yang harus dipenuhi kepala sekolah sehingga sekolahnya ditetapkan sebagai pelaksana Program Sekolah Penggerak yaitu memiliki tujuan/misi, mampu mengambil keputusan strategis, mampu memimpin perubahan, memiliki kemampuan melaksanakan pelatihan dan pembimbingan, mampu membangun hubungan kerjasama, memiliki orientasi belajar, memiliki daya juang/resiliensi, memiliki kematangan beretika, mampu memimpin implementasi, mampu mendorong inovasi.


Tentunya bagi sekolah banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan mengikuti Program Sekolah Penggerak ini, yaitu: meningkatkan hasil mutu pendidikan dalam kurun waktu 3 tahun ajaran, percepatan digitalisasi sekolah, percepatan pencapaian profil Pelajar Pancasila, meningkatnya kompetensi kepala sekolah dan guru, kesempatan untuk menjadi katalis perubahan bagi sekolah lain, mendapatkan pendampingan intensif untuk transformasi sekolah, dan memperoleh tambahan anggaran untuk pembelian bahan ajar bagi pembelajaran dengan paradigma baru.

Kepala SMAN 1 Simangumban, Drs.Saroha Nababan menyampaikan rasa suka citanya atas terpilihnya SMAN 1 Simangumban sebagai Pelaksana Program Sekolah Penggerak.

”Dengan terpilihnya sekolah kami sebagai salah satu pelaksana Program Sekolah Penggerak merupakan proses bagi kami menuju sekolah yang lebih unggul dan berkualitas,” ujar Kepala SMAN 1 Simangumban.

Menurut Nababan, sekolah yang dipimpinnya tersebut telah mengalami peningkatan prestasi akademik, kecuali segi fisik bangunan.

Saat ini sekolah telah banyak butuh rehablitasi dan pembenahan seperti perbaikan ruang perpustakan yang milenial dan aula, ruang kelas juga mengalami  butuh perbaikan,” ungkapnya.

Drs.Saroha Nababan berharap, SMAN 1 Simangumban tetap komitmen dalam meningkatkan mutu sekolah untuk dapat mencetak generasi-generasi penerus yang berprestasi, semoga SMA N1 Simangumban dapat terus meningkatkan mutu sekolah kedepan, harapnya.

Adapun saat ini, terkait mutu sekolah jelasnya, SMAN 1 Simangumban yang terletak di kawasan Kecamatan Simangumban ujung kota Kabupaten Tapanuli Utara, diharapkan harus banyak memperoleh berbagai prestasi dapat bersaing dengan sekolah SMA Negeri maupun SMA Swasta di Wilayak IX Humbang hasundutan, di antaranya sebagai Sekolah Adiwiyata, Kepala Sekolah berinovasi ketahun depan ujarnya.


“Guru-guru juga demikian, harus mampu meraih prestasi yang gemilang seperti lolos menjadi pemenang lomba tingkat provinsi sampai nasional,” bebernya.

Selain itu, tambah Drs.Saroha Nababan, SMAN 1 Simangumban juga kedepan akan melahirkan siswa yang berprestasi baik akademik maupun non akademik.


“Dalam sederet prestasi yang diperoleh SMAN 1 Simangumban ini, tidak terlepas dari kedisiplinan dan keteguhan dalam proses belajar mengajar dan ekstrakurikuler.

Sekolah menerapkan jam masuk pembelajaran mulai pukul 06.45 WIB, hal ini dilakukan untuk membiasakan siswa beraktivitas sejak awal pagi,” imbuhnya.

Dia menuturkan, sekolahnya juga memiliki berbagai fasilitas, seperti fasilitas olah raga yang lengkap, yakni lapangan futsal, basket, voli, badminton, lintasan lari, dan sanggar seni, segala bentuk fasilitas ini bisa digunakan siswa secara bebas untuk meningkatkan kreativitasnya. 

Semua hal tersebut tentunya mendukung dan menfasilitasi Program Sekolah Penggerak yang akan dimulai awal tahun pembelajaran 2021-2022, Juli nanti.

[Tohap Simaremare]
×
Berita Terbaru Update