Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ini Jenis-Jenis Pelanggaran Lalu Lintas Yang di Temukan Polres Taput Selama Ops Zebra Toba 2023 Berlangsung

Minggu, 10 September 2023 | September 10, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-10T10:40:03Z


PEWARNA PUBLIK TAPANULI UTARA,- 
Selama lima hari operasi Zebra Toba 2023 berlangsung, Polres Tapanuli Utara temukan 4 jenis pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengendara sepeda motor dan pengemudi mobil R4 ke atas di lapangan.

Hal tersebut di ungkapkan oleh  Kapolres Tapanuli Utara AKBP Johanson Sianturi, S.I.K, M.H,  melalui kasat lantas AKP Dahnial Saragih, S.H, M.H kepada wartawan, Sabtu 9 agustus 2023.


Dijelaskan, beberapa jenis pelanggaran itu yakni, untuk sepeda motor, tidak menggunakan helm,  melawan arus dan knalpot blong.

Sedangkan untuk pengemudi kenderaan Roda Empat (R4) keatas,  pelanggaran yang ditemukan berupa melawan arus dan kelebihan muatan.

Dari sejumlah pelanggaran yang ditemukan petugas saat  melaksanakan operasi Zebra Toba 2023, untuk sepeda motor antara lain tidak menggunakan helm diberikan tindakan berupa tilang secara manual 38 orang, untuk yang melawan arus diberikan tilang manual sebanyak 9 orang dan untuk knalpot blong sebanyak 18 orang. 

Sedangkan pengemudi kenderaan R4 ke atas,  melawan arus diberikan tilang manual sebanyak 1 orang dan  yang kelebihan muatan diberikan tilang manual untuk 1 orang pengemudi.

Barang bukti yang disita dari para pelanggar tersebut berbagai macam jenis yaitu SIM Sebanyak 1 buah, STNK sebanyak 15 buah dan Ranmor R2 sebanyak 51 buah.


Selain tilang manual juga diterapkan ETLE ( elektronik tilang ) secara mobile untuk 3 orang pelanggar aturan lalu lintas dan tilang tegoran sebanyak 180 orang. 

Selama 5 hari ini kecelakaan lalu lintas di kabupaten Taput masih nihil.

Mengingat jumlahnya angka pelanggaran lalu lintas selama 5 hari ini, selain penindakan,  petugas operasi Zebra Toba 2023 juga memperkuat penyuluhan dan pendidikan kemasyarakatan ( dikmas lantas ) di sekolah-sekolah, terminal dan tempat-tempat komunitas pengendera motor dan mobil.

Kita mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya saat mengendarai dan mengemudikan kenderaan di jalan raya selalu mengikuti aturan lalu lintas agar terhindar dari pelanggaran dan khususnya kecelakaan,"  Terang Dahnial.

[Tohap Simaremare]
×
Berita Terbaru Update