Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Suasana Idhul Adha Gampong Hagu Selatan Bagikan Ribuan Daging Qurban

Kamis, 29 Juni 2023 | Juni 29, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-29T23:01:31Z


PEWARNA PUBLIK LHOKSEUMAWE,- Dalam suasana Hari Raya Idhul Adha 1444.H Gampong Hagu Selatan menyelenggarakan penyembelihan hewan Qurban yang sudah  rutin dilakukan setiap tahunnya, tahun ini masyarakat berqurban dari lima dusun terdiri 21 ekor sapi dan 11 ekor Kambing.

Pelaksanaan pemotongan hewan Qurban oleh warga masyarakat dengan bergotong royong dalam menangani penyembelihan hewan Qurban usai Sholat Idhul Adha sampai selesai. dilaksanakan bertempat dihalaman tanah milik Raja Husen simpang Pertamina Gampong Hagu Selatan Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe, Kamis (29/6/2023).

Namun tidak luntur niat warga masyarakat Gampong Hagu Selatan untuk berqurban walaupun ada kekurangan kambing dari tahun lalu insya Allah tahun ini bertambah dengan sapi. Tahun 2021 sapi sebanyak 20 ekor dan kambing 25 ekor, selanjut pada tahun 2022 yang lalu terdiri sapi 19 ekor dan kambing 35 ekor, pada tahun ini sapi 21 ekor dan kambing 11 ekor hewan Qurban yang berasal dari sumbangan warga masyarakat Gampong Hagu Selatan. 


Penyembelihan hewan qurban dari pagi terdiri 18 ekor sapi dan 7 ekor kambing dan yang sudah dikerjakan dan masih tersisa saat itu 3 ekor sapi dan juga kambing. 

"Selanjutnya tiba sapi susulan yang dibawa oleh mobil pekap. Tak disaka sapi tersebut yang pertama diturunkan malah berontak langsung terjun kebawah dengan tali terikat dibadan semua warga ketakutan lari terbirit-birit dan sapi dapat dijinakkan.

Proses penyembelihan bermacam partisipasi dalam pengolahan, dari penyembelihan, pemotong, cincang, serta memasuki kekantong plastik yang telah disediakan dengan ditimbang sama rata untuk dibagikan kepada warga.

Setelah semua selesai dibungkus dan ditimbang daging tersebut dikumpulkan satu tempat dengan ribuan bungkus sudah dicatat jumlahnya dan langsung dibagikan.

Melalui pembagian yang diterima awal diberikan kepada warga yang ber Qurban selanjutnya diterima oleh kepala dusun masing-masing untuk dibagikan kepada warga masyarakat yang telah dibagikan kupon sebelumnya untuk pengambilan daging Qurban. 

Usai semua dibagikan sisa daging Qurban dibagikan kepada panitia, bhabinkamtibmas TNI juga Polsek dan wartawan juga diberikan yang berada dilokasi pembagian  tak luput juga kepada orang tua yang wajar diberikan walaupun asal dari mana." Kegiatan qurban juga bernilai ibadah sosial dengan berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Dari sisi pantauan awak media ini , pemotongan hewan qurban disini cukup menarik dengan kekompakan yang luar biasa dengan keikutsertaan aparatur pemerintah Gampong, kita salut buat masyarakat Gampong Hagu Selatan.  Ikut serta Geuchik Gampong Hagu Selatan Zulfitrian, Sekdes, Tuha Peut, Tgk imam dusun serta Ketua Panitia Qurban Bapak Hasbuh Yahya, Wakil Sekretaris, Bendahara serta Ketua BKM turut memberikan partisipasi juga Bhabinkamtibmas sebagai keamanan serta masyarakat Gampong ikut menyaksikan penyembelihan hewan Qurban hari ini.

Dalam situasi kesibukan pemotongan Qurban tukang masak sudah siap semua dari nasi hingga daging Qurban milik sumbangan Gampong setempat, sudah beres semua dikerjakan dan semua yang ada dilokasi ikut menyantap dan usai semua makan panitia melanjutkan kembali pekerjaannya.

Dalam hal ini Geuchik Gampong Hagu Selatan saat dijumpai awak media ini mengatakan, pemotongan hewan Qurban sudah agenda tahunan. Setiap tahunnya dalam perayaan hari raya Idhul Adha," sebutnya. 

Hari raya merupakan momentum saling bersilaturahmi juga maaf memaafkan juga saling berbagi, tujuan untuk rasa kekeluargaan diantara warga masyarakat.

"Alhamdulillah" tahun ini berjalan dengan lancar dan sukses dengan terlaksananya qurban dengan kekompakan warga masyarakat serta panitia."Kita harapkan semoga ditahun yang akan datang semoga sumbangan Qurban akan bertambah dari dahun-tahun sebelumnya," tutupnya.

(Rdwn)
×
Berita Terbaru Update