Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Strategi Trisula Pemberantasan Korupsi

Kamis, 15 Juni 2023 | Juni 15, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-16T01:50:34Z


PEWARNA PUBLIK TOBA,-
Koordinasi pemberantasan korupsi mengorkestrasi agar strategi pendidikan , pencegahan dan penindakan korupsi mengoptimalkan pencapaian tujuan pemberantasan korupsi. 

Hal ini disampaikan Ketua Satgas Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia Wilayah I, Maruli Tua Manurung dalam Dengar Pendapat Koordinasi Pencegahan Korupsi di  Kabupaten Toba yang digelar di Auditorium IT Del Sitoluama, Laguboti, Kabupaten Toba, Kamis (15/6/2023).

Menurut Maruli Tua , KPK memiliki strategi dalam pemberantasan korupsi yang disebut dengan Strategi Trisula Pemberantasan Korupsi.

Strategi dimaksud adalah Pendekatan Pendidikan Masyarakat (public education approach) yaitu membangun dan internalisasi nilai nilai integritas anti korupsi,
Pencegahan (preventif approach) yaitu  pembangunan sistem yang dapat mencegah korupsi,dan Penindakan (law enforcement approach) yaitu penindakan sebagai efek jera.


Ia juga memaparkan apa dan bagaimana tugas serta  kewenangan KPK, titik rawan korupsi di pemerintah daerah ,dan hal ancaman dan hukuman pelaku korupsi.

Pada bagian akhir paparannya, Maruli Tua menunjukkan tayangan video yang menunjukkan benteng yang paling tangguh mencegah korupsi adalah keluarga. Kemudian dikatakan juga bahwa KPK di tingkat bkabupaten pada  bidang pencegahan  adalah  inspektorat

"Secapek apa pun kita bekerja, ingat itu untuk keluarga. Bagaimana langkah-langkah kita bersama untuk mengubah ini jadi lebih baik," katanya dihadapan  peserta yang terdiri pejabat tinggi pratama, eselon III, kepala sekolah, kepala desa /lurah dan diikuti peserta lainnya secara daring.

"Mari berbuat baik dan benar sebagai Korpri," sambungnya.

Sebelumnya  Kepala Inspektorat Provinsi Sumatra Utara, Lasro Marbun memberikan paparan tentang pencegahan dan pembinaan administratif bagi penyelenggaraan keuangan negara.

Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak dalam  sambutannya  mengatakan bahwa dalam menjalankan tugas pemerintahan pasti ada kekurangan.

"Dengan  koordinasi ini diharapkan dapat menjalankan  pemerintahan ini lebih baik, kata Wabup Tonny.

Turut hadir unsur Forkopimda, Sekdakab Toba Augus Sitorus, dan sejumlah pejabat KPK lainnya.

 (MC Toba/ TH)
×
Berita Terbaru Update