Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

P3TGAI Atasi Kebutuhan Petani, Program Percepatan Peningkatan Tata Lokasi Pengerjaan Proyek P3 TGAI Petani Taput

Senin, 12 Juni 2023 | Juni 12, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-13T00:59:34Z


PEWARNA PUBLIK TAPANULI UTARA,-Petani Kabupaten Tapanuli Utara, merupakan salah satu Daerah pertanian yang mendapatkan Program Padat Karya Tunai (PKT), Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai  (BPPTPDAS).

PPK Operasi dan Pemeliharaan SDA I Balai Wilayah Sungai Sumatera II Sulastri Sihotang menyampaikan, program yang digelontorkan oleh PUPR sebesar Rp. 195 Juta tersebut, digunakan untuk membangun infrastruktur irigasi persawahan dengan diameter panjang 287 m dengan memberdayakan tenaga pekerja sekitar lokasi.

Pembangunan tersebut bertujuan untuk mempermudah para petani mendapatkan sumber air ketika musim tanam tiba, dan utamanya di musim kemarau yang sudah dipastikan sulit air.


Dengan adanya program tersebut, tentunya petani sangat terbantu dengan program P3 TGAI yang saat ini berlangsung di tengah ketidak pastian kondisi ekonomi global akibat Pandemi Covid-19 yang pernah terjadi.

Dan bisa dipastikan, jika sistem irigasi yang baik tentunya akan menghasilkan hasil panen yang memuaskan nantinya” ucap Sulastri, Senin,(12/06/2023).

Hal senada juga disampaikan anggota gender pemanfaat P3TGAI bermarga Simatupang, menurutnya, ketika semua program pemerintah tepat pada sasaran, maka sudah dipastikan infrastruktur yang ada di pedesaan akan lebih maju dan berkembang seperti yang diharapkan pemerintah pada saat ini.


Dengan program pemerintah yang tepat pada sasaran, maka diharapkan program akan terus berjalan di tahun-tahun berikutnya guna menumbuhkan kemakmuran para petani yang ada di pedesaan, pungkas Simatupang salah satu anggota gender. 

Kabupaten Tapanuli Utara mendapatkan 75 paket × Rp195 jt menyebar di beberapa Kecamatan, seluruh kegiatan dilakukan anggota pemanfaat secara padat karya, melibatkan kaum gender (perempuan).

[Tohap Simaremare]
×
Berita Terbaru Update