Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Program Bunga Desa Dekatkan Masyarakat Dengan Pimpinan Daerah Serta Pelayanan Pada Masyarakat

Rabu, 24 Mei 2023 | Mei 24, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-24T13:50:40Z



PEWARNA PUBLIK SAMOSIR,-
Guna mendekatkan diri dan lebih dikenal masyarakat nya serta mendengarkan langsung akan keluhan masyarakatnya,Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom berkantor dan memberikan pelayanan kepada masyarakat di Desa Pamutaran, Selasa 23/05/ 2023

Program BUNGA  ( BUpati NGAntor) di desa  dimana Bupati dalam kegiaatan tersebut turut Hadir, Wakil Ketua DPRD Samosir Nasib Simbolon, Pj. Sekda Waston Simbolon, Asisten I ( satu)  Tunggul Sinaga, Staf Ahli Bupati, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, dan beberapa pimpinan OPD, TBPP, Camat Palipi Ronal Sinaga.

Adapun Program Bunga Desa yang dicanangkan Bupati Samosir guna memaksimalkan pelayanan dan memberikan pelayanan secara langsung bersama pemerintah desa  melayani dan membantu masyarakat. Bertemu dan melihat secara langsung keadaan masyarakat, menampung aspirasi secara langsung. 

Dalam kesempatan program tersebut Bupati Samosir bersama OPD terkait memberikan  pelayanan gratis, diantaranya pelayanan pengurusan Adminduk, pengurusan izin berusaha, penyuluhan stunting, pengobatan gratis, pengurusan BPJS, pelayanan KB, pengembangan UMKM. 

Dikesempatan kegiaatan tersebut Bupati Samosir  Juga menyerahkan bantuan pendidikan kepada siswa berprestasi, Serta Menyediakan layanan konsultasi pertanian dan juga memberikan bantuan pupuk organik kepada 8 (delapan)  kelompok tani. 
Dikegiaatan tersebut juga dilaksanakan pelatihan pembuatan pupuk kompos cair (biosaka, ecoenzyme)., Bupati Samosir juga mengerahkan alat berat guna pembukaan 6 ruas jalan usaha tani sepanjang 3 KM,dimana   Pembukaan jalan desa sebagai akses antar desa dan kebutuhan lain masyarakat.


Bupati Samosir menyampaikan  agar masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan alat berat yang semuanya gratis. Untuk itu, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengajak dan meminta masyarakat bersepakat serta bersedia memberikan lahan. "Tidak ada ruginya memberikan lahan untuk pembukaan jalan, dimana nantinya dengan adanya Pembukaaan jalan justru akan meningkatkan nilai tanah masyarakat 

" Manfaatkan dengan baik keberadaan alat berat, jangan sampai ada yang belum tuntas karena banyak desa yang membutuhkan" tegas Vandiko Gultom

Lebih lanjut Bupati Samosir kepada masyarakat, 
Menyampaikan bahwa kehadirannya turun secara langsung untuk melayani,Guna  memastikan pelayanan dapat dirasakan sampai ke desa. 

 "Kami beserta beberapa OPD bukan hanya kunjungan tapi memberikan aksi nyata, melayani secara langsung kepada masyarakat. Saya senang melayani masyarakat, banyak pelayanan yang kami bawa, mari manfaatkan dengan baik" Ujar Vandiko

Terkait akan Pupuk , Vandiko menjelaskan akan kondisi pupuk kimia sangat terbatas, Dimana dari permohonan yang diusulkan sesuai RDKK hanya  40 persen yang diakomodir dan tahun ke tahun  terus berkurang. Untuk Bupati Menyampaikan juga guna Mengatasi ketersedian pupuk bersubsidi, Pemerintah Kabupaten Samosir turun memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik padat dan cair. Serta Mengajak masyarakat untuk dapat beralih menggunakan pupuk organik demi keberlangsungan pertanian. 

"Pemberian bantuan hanya  sebagai perangsang, Hal ini dilakukan agar masyarakat Dapat beralih menggunakan pupuk organik. Kalau kita mau belajar ada keuntungan lainnya, 
Dimana pupuk Organik nantinya juga bisa dijual Guna menambah penghasilan. Mari belajar, merobah pola pikir dan janganlah selalu   mengeluh jika  tidak ada pupuk, Untuk itu saat ini pemerintah hadir memberikan pelatihan" Ujar Vandiko Gultom

Kehadiran Bupati Samosir dalam  memberikan pelayanan secara langsung  disambut baik masyarakat. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat memadati pos pelayanan.Dimana masyarakat Desa Pamutaran langsung dekat dalam  berbagai pengurusan administrasi kependudukan, izin berusaha yang dapat diselesaikan dengan cepat dan diserahkan secara langsung Bupati Samosir kepada masyarakat . 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Samosir juga menyampaikan bahwa untuk Desa Pamutaran,  pada tahun 2023 ini Pemkab Samosir akan memberikan perhatian pengembangan jalan di  desa Pamutaran senilai 100 juta rupiah. Hal ini juga untuk memastikan bahwa setiap desa di Kabupaten Samosir mendapat pembangunan secara merata. 

Kades Pamutaran , Tomu Sitno Pandiangan bersama tokoh masyarakat Arnol Sinaga menyambut baik program Bunga Desa, 
Dimana Bupati   turun langsung ke Desa Pamutaran melalui program Bunga Desa 
Kepala desa Pamutaran juga meminta Pembangunan ataupun peningkatan  jalan di Desa Pamutaran. Yang mana jalan tersebut merupakan jalan poros yang menghubungkan beberapa desa. 

Wakil Ketua DPRD Samosir, Nasib Simbolon mengatakan siap mendukung program Bupati Samosir. Pemerintahan dan pembangunan itu sama, tidak pernah berhenti dan berkelanjutan. Sebagai sosial kontrol penganggaran dan pengawasan, Nasib menyampaikan banyak  kepala daerah mengalami kewalahan keuangan akibat Covid 19.

 Hal ini bukan berarti pemerintah tidak peduli dengan pembangunan, mari saling bahu- membahu, bergotong-royong dalam pembangunan Terkait jalan poros di Desa Pamutaran, akan menjadi prioritas 2024, minimal akan ada perlakuan dari Pemkab. Samosir" Ujar Nasib Simbolon.

( Kominfo/lahi98)
×
Berita Terbaru Update