Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PMM Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Mengenai Kelayakan Pasar Desa Landungsari

Selasa, 09 Mei 2023 | Mei 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-10T06:28:25Z


PEWARNA PUBLIK MALANG,- Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Rizki Saputra Koordinator Kelompok Mengatakan Pasar Desa Landungsari terletak di Jalan Tirto Rahayu Landungsari dengan luas keseluruhan 6.100 m2, berfungsi sebagai tempat jual beli kebutuhan rumah tangga, Sayur, Daging, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan pertanian-peternakan dll.

 Pasar Landungsari adalah salah satu pasar tradisional yang cukup ramai dikunjungi oleh warga sekitar untuk berbelanja kebutuhannya. Namun, di sekitar pasar Landungsari, terdapat masalah yang cukup serius. “ Ucap Rizki 

Sehingga kerusakan tersebut mengganggu kenyamanan pengunjung dan bahkan dapat membahayakan keselamatan mereka.
Masalah yang sering dijumpai dalam sistem transportasi adalah tempat parkir. 

Permasalahan parkir sangat penting untuk dikaji lebih mendalam, karena ruang parkir sangat dibutuhkan untuk berjalanya proses kegiatan ekonomi di pasar landungari. 

Ruang parkir yang tersedia harus memadai dikarenakan semakin besar volume lalu lintas yang beraktivitas baik yang meninggalkan atau menuju pusat kegiatan, maka semakin besar pula kebutuhan parkir.

Masalah yang dihadapi di pasar landungsari adalah kawasan parkir yang kurang memadai, lahan yang digunakan untuk parkir kebanyakan digunakan untuk kegiatan produktif, sehingga banyak kendaraan yang sulit untuk mecari lahan parkir. 

Kerusakan lahan parkir di pasar Landungsari Malang ini bukan hanya menjadi masalah bagi pengendara motor, namun juga bagi pengguna mobil. Karena lahan parkir yang rusak, mobil akan mudah terjebak di lubang atau bahkan tergores oleh kerikil yang menempel pada permukaan aspal yang kasar. 

Selain itu, kerusakan lahan parkir juga membuat parkir menjadi sangat sulit, terutama pada saat pasar sedang ramai.
Selain itu masalah lain yang juga dijumpai adalah kerusakan fasilitas pasar seperti pada kerusakan pada bangunan atap pasar, dinding retak, keramik lantai pecah dan lain sebagainya. 

Kerusakan kerusakan tersebut telah diteliti oleh mahasiswa teknik sipil universitas muhammadiyah malang mengenai kelayakan pasar tersebut.

Menurutnya, kerusakan kerusakan di pasar Landungsari Malang ini perlu segera ditangani oleh pihak yang berwenang. Pemerintah setempat seharusnya melakukan perbaikan secepat mungkin agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung dan keselamatan mereka. Perbaikan yang harus dilakukan antara lain perbaikan permukaan aspal, penggantian aspal yang rusak, dan perataan lahan parkir. 

Selain itu, juga perlu dilakukan perbaikan sistem drainase untuk mengurangi risiko terjadinya genangan air saat musim hujan tiba.

Dalam jangka panjang, perbaikan lahan parkir di pasar Landungsari Malang juga harus diikuti dengan peningkatan pengawasan dan pemeliharaan. Pemeliharaan yang baik dapat memperpanjang umur lahan parkir dan mencegah kerusakan lebih lanjut.” Ucap Rizki

Mahasiswa yang akrab di sapa Rizki menambahkan Peningkatan pengawasan juga dapat meminimalisir tindakan vandalisme dan pelanggaran parkir yang dapat merusak lahan parkir.

Dengan perbaikan yang tepat dan pemeliharaan yang baik, lahan parkir di pasar Landungsari Malang dapat menjadi lebih baik dan aman bagi pengunjung. Pemerintah dan masyarakat setempat perlu saling bekerja sama untuk menjaga dan memperbaiki fasilitas publik yang ada demi kenyamanan dan keselamatan bersama.

 (Tutut Rizki)
×
Berita Terbaru Update