Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kegiatan Seminar Nasional Tahun 2023 Program Studi Manajemen Pendidikan Kristen

Senin, 22 Mei 2023 | Mei 22, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-23T04:28:14Z


Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dengan Pengelolaan Lembaga Pendidikan Yang Efektif Dan Efisien”.


PEWARNA PUBLIK TARUTUNG,-
Pada hari Selasa tanggal 18 April 2023 pukul 08:00 WIB, Prodi Manajemen Pendidikan Kristen (MPK) melakukan seminar nasional yang  di Aula Mini Institut Agama Kristen Negeri Tarutung (IAKN TARUTUNG).

Kegiatan ini dipanitiai oleh dosen-dosen prodi MPK yang dimana, ketuanya yaitu ibu Grace L.A Sihombing,M.Kom kemudian yang menjadi MC yaitu ibu Marina Letara Nababan,M.Pd serta moderatornya yaitu bapak Abai Manupak Tambunan,M.Pd. 

Narasumber dalam kegiatan ini yaitu ibu Rosni Lumbantoruan,ST.,M.ISD.,Ph.D. Wakil Rektor Bidang Perencanaan,Keuangan dan Sumber Daya, Institut Teknologi Del.Kegiatan seminar ini diikiuti oleh seluruh mahasiswa prodi MPK yang berjumlah sekitar 200 peserta. 

Akan tetapi, kegiatan ini bisa diikuti oleh mahasiswa prodi MPK yang tidak bisa hadir secara langsung kampus IAKN TARUTUNG karena panitia seminar kegiatan ini membuat link zoom sehingga yang berhalangan hadirpun dapat mengikutinya.

Pertama-tama, kegiatan ini diawali dengan registrasi peserta sebelum masuk keruang seminar.Kemudian ketika pukul 08:00 kegiatan ini dibuka oleh MC dengan diawali ibadah singkat dan setelah itu MC mengundang seluruh yang hadir di ruang seminar berdiri untuk menyanyikan lagu kebangsaan yaitu “Lagu Indonesia Raya”. 

Setelah selesai kemudian diikuti oleh laporan ketua panitia, kata sambutan sekaligus membuka acara dari bapak rektor IAKN TARUTUNG yaitu bapak Prof.Dr.Ir.Albiner Siagian,M.Si. 

Kemudian, pada pukul 09:00 tibalah saatnya pemaparan materi yang dibawakan ibu Rosni Lumbantoruan,ST.,M.ISD.,Ph.D selaku narasumber kegiatan ini dengan dipandu oleh moderator.

Sebelum narasumber memaparkan materi, moderator terlebih dahulu membacakan CV ibu narasumber.

Materi pertama yang dijelaskan ibu narasumber yaitu bagaimana itu pendidikan yang efektif dan efisien dan dengan untuk lebih paham, peserta diajak untuk membuka link www.menti.com dengan memasukkan kode 8 digit. 

Didalam link tersebut terdapat beberapa kalimat dengan setiap kalimat diberi 3 pilihan yaitu yang pertama apakah kalimat itu efektif, kedua apakah kalimat itu termasuk efisien dan yang ketiga apakah kalimat itu efektif dan efisien. 

Kemudian, materi yang kedua yaitu ibu narasumber menjelaskan bagaimana itu “Sistem Pendidikan Tinggi”. 

Dalam melihat mutu sistem pendidikan tinggi ada yang namanya RAISE dan LEAP. 

RAISE merupakan singkatan dari Relevance, Academic Atmosphere, Internal Management, Sustainability, Efficiency and Productivity dan LEAP merupakan singkatan dari Leadership, Equity, Accessibility, Partnership with industry and community. 

Kemudian setelah ibu narasumber menjelaskan hal tersebut, para peserta diajak lagi untuk masuk lagi ke link www.menti.com dengan memasukkan kode yang berbeda dari yang sebelumnya untuk memilih diantara RAISE mana yang lebih menonjol terimplementasi di kampus IAKN Tarutung dengan mengurutkan dari yang tertinggi hingga yang terendah. 

Begitu juga dengan LEAP, para peserta juga diajak untuk mengurutkannya dari yang paling banyak terimplementasi. Setelah para peserta memilih, kemudian ibu narasumber menunjukkan hasil tingkatan yang dipilih peserta, akan tetapi hal tersebut tidak dapat dikatakan mutlak karena itu masih hanya pendapat dari sebagian mahasiswa IAKN Tarutung.

Kemudian setelah pemaparan materi tersebut moderator membuka sesi tanya jawab dan juga kesempatan untuk peserta yang berniat membacakan kesimpulan yang didapat peserta atas hasil pemaparan materi sebelumnya.

Setelah itu, dilanjut dengan istirahat sekitar 30 menit untuk menikmati snack yang telah dibagikan oleh panitia seminar. 

Kemudian setelah selesai istirahat, moderator mengambil alih lagi untuk mneyapa dan memberi semangat untuk seluruh peserta dalam memulai pemaparan materi sesi kedua.

Dalam sesi ini, ibu narasumber tidak lagi memaparkan materi materi tentang pendidikan tinggi akan tetapi, ibu narasumber menjelaskan dan menceritakan bagaimana di IT DEL  menjalankan proses perkuliahannya yang memang berbeda dari kampus IAKN Tarutung. 

Kemudian setelah selesai sesi kedua, dilanjut lagi dengan sesi tanya jawab yang kemudian dijawab oleh ibu narasumber. 

Setelah selesai sesi tanya jawab, tibalah dipenghujung yaitu bapak moderator menyampaikan kesimpulan materi dan untuk menutup acara, ibu ketua panitia seminar menutup acara tersebut dengan menyampaikan kesimpulan dan terakhir yaitu doa penutup.

[Tohap Simaremare]
×
Berita Terbaru Update