Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ruwah Desa Atau Sedekah Bumi Di Balai Desa Sedenganmijen - Krian.

Jumat, 17 Maret 2023 | Maret 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-18T01:45:10Z


PEWARNA PUBLIK SIDOARJO,-
Meski Jaman sudah modernisasi pemerintah desa Sedenganmijen kecamatan Krian menggelar Ruwah Desa atau Sedekah Bumi di halaman balai desa serta menghadirkan pagelaran Karawitan dan Wayang Kulit yang di pimpin oleh ki Dalang Ook Gondo Carito dari Tarik kabupaten Sidoarjo pada hari Jum'at 17/3/23.

Sebelum acara Wayang Kulit di gelar, Warga Sedenganmijen melakukan Istiqhosah pada hari kamis pukul 19.00 wib sampai selesai, dan dilanjutkan acara hari jum'at pagi pukul 06.00 wib yaitu acara Barikan serta malam harinya Karawitan dan Wayang Kulit. 


Antusianisme warga sangat besar, karena sejak sore hari warga sudah memadati halaman balai desa Sedenganmijen, karena acara  tahunan ini bahkan menjadi agenda rutin bagi warga Sedenganmijen untuk melestarikan Budaya Adat Jawa. 

Acara Ruwah Desa ini juga di hadiri  para Sahabat Kepala Desa,Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama, Tokoh Budaya, Satpol pp, Koramil,Polsek Krian serta anggota DPRD Sidoarjo yaitu Bapak H. Sudjalil. 

Acara bertambah meriah saat anggota DPRD Sidoarjo  Bapak H. Sudjalil menyumbang lagu dengan suara emasnya pada saat acara Campur sari, serta menyapa warga Sedenganmijen sangat hangat serta kekeluargaan, karna beliau adalah earga Sedenganmijen juga. 

"Saya datang sejak sore tadi supaya saya bisa menikmati hiburan yang di gelar di balai desa ini pak karena saya suka Wayang Kulit"ujar Dani salah satu pengunjung kepada media.

Acara demi acara telah berjalan lancar serta khitmad, acara puncak Ruwah Desa ini yang paling di tunggu adalah Tumpeng Tempe Raksasa yang di gelar pada hari minggu jam 06.00 wib, Kenapa ada Tumpeng Tempe Raksasa dalam puncak  acara Ruwah Desa Sedenganmijen? Karena desa Sedenganmijen warganya mayoritas produksi tempe dan sudah menjadi ikon desa. 

"Semoga acara ini dapat berlangsung setiap tahun dan juga untuk melestarikan warisan budaya jawa semoga mendapat keberkahan di acara ini"ungkap M.Hasannudin,S.Ag.,selaku kepala desa Sedenganmijen.

(Arif)
×
Berita Terbaru Update