Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Penyusunan RKPD 2024, Pemkab Dairi Gelar Musrenbang

Selasa, 14 Maret 2023 | Maret 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-15T06:35:23Z

PEWARNA PUBLIK DAIRI, – 
Kabupaten Dairi mengadakan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) untuk anggaran tahun 2024, Selasa (14/3/2023), di Balai Budaya Sidikalang. 

Musrenbang dibuka Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang turut dihadiri Kepala Biro Administrasi Pembangunan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Rita Tavip Megawati, mewakili Gubernur Edy Rahmayadi.

Dalam sambutannya, Eddy Berutu memaparkan berbagai capaian yang telah diraih Pemkab Dairi. 

Untuk sektor pengembangan UMKM, Pemkab Dairi di tahun 2022 bekerja sama Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan melakukan pelatihan. Warga Dairi dilatih sebanyak 5.000 orang dengan topik di antaranya digital enterpreneurship academy (DEA), vocational school graduate academy (VS GA) dan thematic academy (TA).

Capaian selanjutnya, untuk wujudkan ketahanan ekonomi, pemerintah telah menyiapkan lahan 500 hektar perluasan tanaman komoditas kopi dan jagung melalui program agregasi ekosistem tani dengan pembiayaan KUR tani dan KUR kemitraan pembiayaan dan off taker. 

“Pengembangan pertanian terpadu di Kecamatan Parbuluan, tepatnya di Desa Parbuluan V terus berbenah sebagai upaya peningkatan produksi pertanian,” ujar Eddy Berutu. 

Masih di sektor pertanian, Eddy Berutu mengatakan atas kunjungan kerja Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbu yang meresmikan Kawasan Pertanian Terpadu sorgum dan jagung di Lau Mil, Tigalingga, tahun 2023 akan memberikan bantuan bibit jagung untuk 2000 hektar, bibit padi untuk 1000 hektar dan penangkar sorgum 20 hektar guna mendukung ketahanan pangan. 

Di sektor infrastruktur, tahun 2022 kondisi jalan hotmix sepanjang 22,27 km, pemeliharaan jalan 13,80 km, dan pembukaan jalan 8 km. 

“Untuk bantuan rumah tidak layak huni sebanyak 176 unit serta rehabilitasi drainase 660 meter," kata Bupati. 

Hasil dari musrenbang ini diharapkan komitmen seluruh pemangku kepentingan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan dan penganggaran dalam penyusunan kebijakan anggaran.

Turut hadir dalam musrenbang tersebut Sekretaris Daerah Budianta Pinem, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Ketua Tim Penggerak PKK Dairi Romy Mariani Eddy Berutu, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. 

(Hms)
×
Berita Terbaru Update