Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PJT I serahkan bantuan pengelolaan sampah dukung pariwisata Danau Toba

Kamis, 17 November 2022 | November 17, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-18T04:23:12Z

PEWARNA PUBLIK TOBA,- PJT I serahkan bantuan pengelolaan sampah dukung pariwisata Danau Toba
Perum Jasa Tirta (PJT) I bersinergi dengan 10 BUMN memberikan bantuan pengelolaan sampah kepada Bank Sampah Induk (BSI) Indah Asri Serasi, Toba, Sumatera Utara. 

Dalam rilis, Kamis (17/11), disebutkan, bantuan tersebut masuk sebagai program bersama Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN tahun 2022.

Begitu juga program pengelolaan sampah terintegrasi di wilayah Toba sebagai bagian dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). 

Bantuan yang diberikan kepada bank sampah mitra binaan PT INALUM (Persero) setelah disurvei oleh perwakilan dari sepuluh BUMN pada Juni 2022. 

BSI IAS Toba saat ini telah memiliki jumlah nasabah sebanyak 60 Bank Sampah Unit serta 113 nasabah perorangan. 

Sedangkan paket bantuan yang diberikan berupa barang dan alat kerja, termasuk penguatan sarana edukasi bagi masyarakat sekitar melalui pemasangan papan informasi dan tong sampah terpilah di area pemukiman warga. 

Tidak hanya itu, dalam program TJSL juga akan diberikan pendampingan kepada masyarakat dalam mengelola sampah selama enam bulan ke depan. 

Dengan bantuan ini diharapkan pengolahan sampah lebih optimal, baik dari produktivitas mesin pres maupun proses daur ulang dan pengomposan. 

Kepala Sub Divisi TJSL PJT I, Nina Meita Sari menyampaikan, kolaborasi bersama BUMN ini telah menjadi program tahunan yang dikoordinir langsung oleh Kementerian BUMN. 

"Program bersama ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, sekaligus untuk mendukung pencapaian target yang telah diprogramkan Pemerintah. 

Ia menjelaskan, kehadiran PJT I di Toba Asahan sejak 2014 diharapkan dapat memberikan manfaat, baik dari segi ekonomi maupun sosial. 

Ia juga berharap program TJSL tidak hanya meningkatkan perekonomian masyarakat namun juga dapat mewujudkan Toba yang bersih dan asri. 

Direktur Operasional PJT I, Milfan Rantawi menyampaikan, bantuan sudah masuk dalam salah satu program TJSL PJT I yang diprogramkan pada tahun 2022. 

Bantuan pengelolaan sampah merupakan salah satu upaya dalam pengurangan emisi karbon yang saat ini tengah menjadi isu global. 

Harapan manajemen, PJT I dapat ikut hadir memberikan manfaat dalam skala makro hingga mikro untuk memberikan pelayanan pada masyarakat di sekitar wilayah kerja.

 [Tohap Simaremare]
×
Berita Terbaru Update