Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Direktur Utama Hadiri Peresmian PT. Mitra Propindo Lestari

Rabu, 31 Agustus 2022 | Agustus 31, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-31T15:18:22Z
PEWARNA PUBLIK BELITUNG,-
Perusahaan Pengolahan Plastik Diresmikan Yang Berada Didusun Suge, Dusun Pegantungan, Kacamatan Badau, Kabupaten Belitung, Pada hari ini, Rabu (31/08/2022)

Direktur Utama (Dirut) Kawasan pabrik PT. Mitra Propindo Lestari (MPL) Tri Aprilliansyah mengatakan, selama ini Belitung hanya mengirimkan bahan baku mentah keluar. Kini dengan adanya pabrik PT. MPL ini, bahan baku itu bisa diolah di Belitung sendiri. Sehingga memiliki nilai tambah di perekonomian khususnya masyarakat Belitung.
“Selama ini Belitung mengirim bahan baku keluar. Dengan kedatangan kami ini, kami menyediakan hilirnya. Artinya Belitung bisa memanfaat sumber daya alam yang ada untuk dibuat bahan setengah jadi atau barang jadi. Sehingga memiliki nilai tambah perekonomian di Belitung,” jelas Dirut.

Dirut katakan, MPL sendiri sudah sukses mendirikan tiga pabrik yang menghasilkan dan memproduksi pipa PVC, seng dan juga pabrik perakitan mesin khusus plastik.

“Mudah-mudahan pada November akan datang kami (PT. MPL) akan mendirikan satu pabrik lagi yaitu pabrik Almununium. Nanti produknya seperti kusen aluminium pintu alumunium akan kita cetak di Belitung,” pungkasnya.

Ia berharap, dukungan penuh kepada masyarakat dan mitra lainnya untuk mendukung dan menciptakan sumber daya manusia di Belitung yang handal dan siap berkerja sangat diprioritaskan saat ini.

“Kami juga sangat membutuhkan sumber daya manusia yang handal dan siap bekerjasama,” kata dirinya.

Dirut menjelaskan, dalam satu jam mesin bekerja mampu menghasilkan 12 batang pipa PVC untuk diameter empat dim. Sedang untuk seng dalam satu hari bisa menghasilkan 500 keping.

Lanjutnya, semua barang yang dihasilkan tersebut merupakan hasil dari limbah sampah yang ada di Belitung. Hal tersebut sekaligus mendukung pariwisata di Belitung tentang ramah lingkungan.

“Target kami adalah membuat industri yang ramah lingkungan. Seperti limbah sampah botol dan lainnya sudah kita olah menjadi seng plastik. Mudah-mudahan kedepan kita juga akan mencetak helm, yang mana sekarang mesinnya sudah tiba di Belitung,” terang dirinya.

Ditempat yang sama, Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S. Sos sangat mendukung dan mengapresiasi kehadiran PT. MPL.

Menurut Bupati, hadirnya PT. MPL menjadi salah satu solusi untuk mengurangi sampah yang ada terutama plastik.

“Alhamdulillah, ini merupakan salah satu solusi permasalahan yang ada di Belitung. Dengan adanya pabrik daur ulang sampah atau limbah plastik menjadi salah satu keuntungan untuk mengurangi sampah dan menjadikan nilai ekonomis,” Jelas Sanem.

Ia katakan, ini juga merupakan salah satu cita-cita Pemerintah Kabupaten Belitung dalam pengembangan kawasaan industri yang ada.

“Dan inilah salah satu cita-cita kawasan industri yang ada. Karena infrastruktur dan sarana kita juga sudah siap. Baik itu listrik, pelabuhan dan jalan,” Kata Bupati disapa Sanem ini.
(Andri S)
×
Berita Terbaru Update