Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Toba Serahkan Alat Bantu Bagi Penyandang Disabilitas

Selasa, 18 Oktober 2022 | Oktober 18, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-19T05:28:32Z
PEWARNA PUBLIK TOBA,- Pemerintah Kabupaten Toba melalui Dinas Sosial Kabupaten Toba menyerahkan alat bantu bagi penyandang disabilitas di Aula Kantor Camat Laguboti, Selasa (18/10/2022).

Plt. Kepala Dinas Sosial Sudirman Sirait melalui Kabid Rehabilitasi Sosial, Tumpal Panjaitan dalam laporannya menyampaikan, penyandang disabilitas yang terdaftar berdasarkan update data yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Toba Tahun 2021 berjumlah 1.677 jiwa dengan rincian 659 jiwa disabilitas fisik, 287 jiwa disabilitas sensorik, 348 jiwa disabilitas mental, dan 383 jiwa disabilitas intelektual.

Maksud pemberian alat bantu bagi penyandang disabilitas adalah menggali dan mengembangkan kemampuan produktivitas para penyandang disabilitas dengan sasarannya adalah para penyandang disabilitas baik lanjut usia maupun yang produktif, masih memiliki keinginan dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan tujuan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan sosial para penyandang disabilitas, mendukung terciptanya akses ramah disabilitas, mengekspresikan diri serta mampu memberi kebanggaan bagi keluarga dan masyarakat.

Adapun alat bantu yang diberikan berupa kursi roda, tongkat kaki tiga dan alat bantu pendengaran bagi 20 orang penerima di Kecamatan Balige dengan rincian penerima kursi roda sebanyak 3 (tiga) orang, penerima tongkat kaki tiga sebanyak 6 (enam) orang, dan penerima alat bantu pendengaran sebanyak 11 (sebelas) orang.

Sebelum menyerahkan secara langsung, Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah hadir untuk mensejahterakan rakyat seluruhnya tanpa bisa dibedakan dan harus diupayakan sejahtera.
pemberian alat bantu bagi penyandang disabilitas ini adalah suatu bukti nyata bahwa pemerintah kabupaten Toba berkomitmen untuk mensejahterakan warga Kabupaten Toba khususnya penyandang disabilitas dalam meningkatkan kemandirian ruang lingkup gerakannya.

"Bapak ibu yang hadirin sekalian penerima bantuan saat ini berjumlah 20 orang dengan jenis bantuan kursi roda tiga orang tongkat 6 orang alat bantu pendengaran 11 orang. Peran Pemerintah sangat menentukan dalam upaya pembangunan terutama di bidang Kesejahteraan sosial untuk itu dibutuhkan kesabaran dan tanggung jawab sosial yang tinggi serta peningkatan sosial yang prima," Sebut Bupati.

Pemerintah Daerah Kabupaten Toba dalam upaya pembangunan kualitas masyarakat penyandang masalah kesejahteraan sosial atau PMKS khususnya penyandang disabilitas sangat mengharapkan dukungan dan bantuan untuk membangkitkan gaya hidup dan peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan sosial.

"Oleh karena itu semoga dengan adanya bantuan ini besar harapan kami agar penyandang disabilitas semakin semangat dan semakin bisa lebih produktif dan mandiri. Tidak tertutup juga kami harapkan peran serta dukungan masyarakat agar ikut berperan serta dalam mendampingi kinerja pemerintah dalam upaya peningkatan taraf hidup kesejahteraan para penyandang disabilitas.
Semangatilah dirimu, gunakan dengan baik, dan tetap mengucap syukur.ubah kelemahanmu menjadi kekuatan" ujarnya mengakhiri.

Sebelumnya, di awal kegiatan Camat Laguboti A. Nessy tampubolon dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan ucapan terimakasih atas kepedulian bupati terhadap masyarakat Laguboti, khusus para penyandang disabilitas yang menerima bantuan.

Turut hadir mendampingi Bupati Assisten Pemerintahan Eston Sihotang, Kadis Perumahan Pemukiman Tagor Siburian, Kabag Tapem Saut M. Sihombing, dan Kabag Prokopim Tri Sutrisno. [Tohap Simaremare]
×
Berita Terbaru Update