Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLI Kodim 0414 Koorcab Rem 045 PD II/Sriwijaya Melaksanakan Webinar Obrolan Akhir Minggu Bersama Sahabat-sahabat YKPI

Sabtu, 23 Juli 2022 | Juli 23, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-23T09:37:00Z
PEWARNA PUBLIK BELITUNG -
Kegiatan Zoom Meeting Ini Diikuti Oleh Seluruh Snggota Persit Kartika Chandra Kirana Yang Dilaksanakan Di Jajaran Kodim 0414/Belitung Diantaranya Di Koramil Jajaran.
Sabtu  (23/07/2022)

 Adapun Tema dalam webinar ini yaitu "Seberapa Penting Peran Nutrisi Terhadap Kanker Payudara" Kegiatan webinar ini dipimpin langsung oleh Ny.Linda Agum Gumelar sebagai ketua YKLI pusat dari Jakarta beserta para Narasumber.

Dalam paparannya Nara sumber menyampaikan. "Penelitan menunjukkan orang Jepang yang tinggal di Amerika lebih banyak mengalami kanker kolon. Intake zat gizi diketahui merupakan salah satu faktor penting yang dapat menunjang terjadinya kanker.

Walaupun tingkat kesembuhan penderita kanker masih sangat rendah, namun dengan terapi nutrisi yang tepat dan lingkungan yang mendukung diharapkan dapat menunjang keberhasilan terapi pengobatan penderita kanker. Nutrisi yang masuk secara seimbang dapat menghambat kemungkinan terjadinya penurunan berat badan dan infeksi lebih lanjut. 

Masalah gizi yang dihadapi penderita kanker pada umumnya adalah sulitnya menerima makanan. Akibat adanya kanker dalam tubuh dan efek dari terapi pengobatan membuat penderita kanker mengalami berbagai problem nutrisi, bila tidak segera diatasi dapat memperburuk kondisi kesehatannya. 

Efek nutrisi yang dapat menunjang terjadinya kanker, efek pengobatan kanker terhadap masukan nutrisi, problem nutrisi yang timbul akibat terapi pengobatan, serta terapi diet yang perlu dilakukan sesuai dengan kondisi pasien. 

Salah satu zat gizi yang berkaitan dengan penyebab terjadinya kanker adalah Lemak. Konsumsi lemak yang berlebih dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker. 

Hal ini disebabkan lemak bersifat Cancer Promoting. Adanya lemak dalam tubuh membuat zat yang bersifat karsinogenik, zat yang membentuk terjadinya kanker, berkembang. 

Beberapa cara zat gizi lemak menjadi penunjang timbulnya kanker, diaritaranya adalah
Sebagai penyebab: tubuh mengeluarkan hormon tertentu secara berlebihan, diantaranya sekresi hormon esterogen yang berlebih meriunjang tumbuhnya kanker payudara,
Sebagai penyebab: sekresi cairan empedu yang berlebih menuju usus yang selanjutnya oleh mikroorganisma di kolon di ubah menjadi zat karsinogenik.

Menjalani pola hidup sehat dan pemenuhan nutrisi yang bergizi dan seimbang adalah beberapa langkah terbaik yang bisa dijalani oleh pasien kanker untuk mendukung mereka dalam menjalani pengobatan.

Pemenuhan nutrisi pada masa-masa terapi bertujuan untuk menjaga berat badan ideal serta memenuhi kebutuhan energi untuk tahap pemulihan dan penyembuhan. (Rls Pendim/Andri S)
×
Berita Terbaru Update