Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kelompok 62 Universitas Trunojoyo Madura Pengabdian Masyarakat di Desa Batang-batang

Jumat, 03 Juni 2022 | Juni 03, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-04T03:26:50Z
PEWARNA PUBLIK SUMENEP,-  Kelompok 62 Mahasiswa Universitas Trunojoyi Madura melaksanakan pengabdian masyarakat di desa Batang-batang. Salah satu programnya adalah pemasangan papan nama dusun. Sabtu (4/6/2022).

Pemasangan papan nama dusun merupakan bentuk dedikasi mahasiswa kepada Desa Batang-batang Daya yang telah menerima dan memberikan kesempatannya untuk mengabdi sebagai kewajiban mahasiswa dalam menjalankan trifungsi sebagai mestinya.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Pengabdian Masyarakat Universitas Trunojoyo Madura, bahwa belum terdapat papan nama dusun di desa tersebut. Selain itu, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui letak dan batasan dusun mereka. Oleh karena itu pengabdian masyarakat berinisiatif untuk membuat papan nama dusun.

Pemasangan papan nama dusun dilakukan hari Jumat pada tanggal 03 Juni 2022 pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan pemasangan papan nama dusun ini mendapat dukungan antusias dari perangkat desa dan juga masyarakat Desa Batang-batang Daya. 

Dengan adanya papan nama dusun diharapkan dapat memajukan Desa Batang-batang Daya dan dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas agar mudah mencari letak Dusun yang berada di Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep ini.

“Saya apresiasi betul program kerja yang dilakukan teman-teman pengabdian masyarakat dari Universitas Trunojoyo Madura, karena dari hal ini dapat membantu masyarakat dan Desa Batang-batang itu sendiri, karena minusnya desa ini masih belum ada papan petunjuk dusun, dan teman-teman bisa melengkapi kekurangan yang ada didesa ini jadi, saya sangat bangga dan berterimakasih.” Ujar Pak Agung selaku perangkat Desa Batang-batang Daya

Papan nama dusun tersebut terbuat dari bahan dasar kayu serta diberi cat warna hijau dan untuk nama dusun diberi warna putih. Tulisannya berhuruf balok supaya memudahkan masyarakat dan orang sekitar dapat membaca dan mengenali nama dusun tersebut. 

Intinya Pembuatan papan nama dusun dilakukan melalui beberapa tahap seperti merancang pola, pemotongan bahan, dan juga finishing. Dalam pembuatannya membutuhkan waktu beberapa hari. Proses Pengecatan pada papan nama

"Pembuatan dan pemasangan papan nama dusun sangat bermanfaat bagi warga Desa Batang-batang Daya dan warga setempat, karena dapat mempermudah warga untuk mengetahui nama dusun dan letaknya, karena sebelumnya masih belum terdapat nama dusun didesa tersebut jadi,harapan saya semoga segala sesuatunya bisa membawa keberkahan tersendiri bagi kita semua," kata Raihan Syaifullah selaku Penanggung Jawab Program kerja tersebut.

Dusun yang dipasang papan nama berjumlah 13 diantaranya adalah Dusun Jambangan, Togu, Lang-alang, Tangere, Sedung, Pandeman, Jeruk Porot, Somor Messe, Toroy, Endah, Tenggina, Taroman, dan Dusun Garantong. (Mahbub)
×
Berita Terbaru Update