Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan, Lapas Tanjungpandan Luncurkan Inovasi Lanksat

Jumat, 20 Mei 2022 | Mei 20, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-21T06:05:58Z
PEWARNA PUBLIK BELITUNG, -
Tim kesehatan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tanjungpandan Kanwil Kemenkumham Babel Terus lakukan Berbagai Upaya Deteksi Dini Kesehatan Para Warga Binaan Pemasyarakatan Termasuk Layanan Dengan Metode Jemput Bola Dan Keterbukaan Infomrasi Dari Layanan Kesehatan Yang Diberikan kepada WBP.
Sabtu (21/05/2022).

Dalam peningkatan Layanan tersebut, Kasubsi Perawatan Seksi Binapi Giatja Lapas Kelas IIB tanjungpandan Willi Sutrisno, S.IP meluncurkan Inovasi Lanksat yang merupakan akronim dari Layanan Kesehatan Terintegrasi. Layanan ini memanfaatkan kemajuan tekhnologi informasi dengan menggunakan aplikasi Whatssapp. Sehingga Layanan kesehatan yang diberikan kepada WBP juga diketahui oleh Pimpinan dan juga kelaurga WBP dirumah.
Kasubsi Perawatan Seksi Binapi Giatja Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Willi Sutrisno, S. IP menjelaskan kepada Awak media peluncuran inovasi ini dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan khususnya keterbukaan informasi dari pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Tim nya. 

Dengan terbatasnya tenaga medis yang dimiliki, penanganan pasien yang merupakan WBP ini perlu menjadi perhatian serius. 
Sehingga kami luncurkan Inovasi ini agar pemeriksaan kesehatan yang kami lakukan diketahui oleh Pimpinan, Rekan kami di Puskesmas Badau dan keluarga WBP dirumah.

Banyaknya jumlah WBP di Lapas Tanjungpandan semakin menggerakkan kami untuk melakukan berbagai inovasi layanan kesehatan termasuk pemeriksaan secara dini untuk mengetahui kondisi kesehatan para WBP dengan metode jemput bola langsung ke blok kamar hunian, jelas Willi

Melalui Layanan Lanksat ini, kami mengirimkan Pesan Salam Lanksat kepada Pimpinan, Rekan Medis di Puskesmas Badau dan keluarga WBP. Keluarga WBP harus mengetahui kondisi kesehatan keluarganya di Lapas, dan mereka harus mendapatkan informasi bahwa keluarganya mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik oleh pihak Lapas, dalam pesan tersebut juga dijelaskan pasien dirujuk atau tidak sehingga ini menjadi jembatan informasi yang sangat baik antara pihak Lapas dan masyarakat selaku keluarga WBP, tambahnya

Lebih lanjut Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH menjelaskan  saat ini pihaknya hanya memiliki 1 orang Tenaga Kesehatan dengan basic Perawat Profesi. 

Tugasnya turun langsung ke blok hunian para WBP untuk melakukan pengecekan kesehatan para WBP. Yang dilakukan berupa pengukuran suhu tubuh, pengukuran tekanan darah, penegecekan kebersihan kamar sekaligus penyemprotan disinfektan secara mandiri.

Apabila diketahui terdapat WBP yang mengalami gangguan kesehatan, maka langsung dilakukan pemeriksaan lanjutan serta konseling di poliklinik Lapas. 
Jika memang tidak bisa ditangani, maka kami akan melakukan rujukan ke RSUD Marsidi Judono Kabupaten Belitung, jelas Kalapas

Terkait Inovasi Lanksat ini, Kalapas memberikan apresiasi kepada Tim kesehatan Lapas Tanjungpandan yang terus berupaya membina dan merawat kesehatan para WBP apalagi memunculkan inovasi berupa layanan informasi kesehatan serta jemput bola ke kamar hunian para WBP.

"Hal ini menunjukkan keseriusan perawatan kesehatan terhadap para WBP apalagi saat ini kita masih dalam masa pandemi covid-19 dan tingkat hunian yang telah mengalami overcapacity, terus lakukan berbagai upaya dalam melakukan pencegahan munculnya penyakit karena mencegah lebih baik dari pada mengobati", ujar Kalapas. (Rls PAS/Andri S)
×
Berita Terbaru Update