Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

KPAD Taput Ingatkan Wisatawan Ketat Awasi Anak Selama Liburan

Senin, 02 Mei 2022 | Mei 02, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-03T05:16:22Z
PEWARNA PUBLIK TAPANULI UTARA, - Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Tapanuli Utara (Taput) mengimbau orang tua agar melakukan pengawasan ketat terhadap anak selama berwisata. Khususnya di tempat terbuka, pengawasan terhadap anak harus dilakukan melekat.

Ketua KPAD Taput, Fendiv Lumbantobing mengatakan bahwa sejumlah kasus kecelakaan di tempat wisata yang menelan korban anak - anak lebih disebabkan minimnya pengawasan. Selain itu, saat ini objek wisata juga masih sangat sedikit yang dapat dikategorikan wisata ramah anak.

5 Keistimewaan Desa Tipang di Danau Toba yang Harus Anda Kunjungi "Di Danau Toba sudah banyak wisata yang aman untuk anak. Aman dari aspek perlindungan, maupun dari perilaku orang dewasa yang mempengaruhi psikologis anak. Namun orang tua harus melekat melakukan pendampingan terhadap anak selama liburan lebaran," terangnya di Tarutung, Senin (2/42022).

Kepada detiksumut, Fendiv mengatakan bahwa khusus untuk kawasan Danau Toba hanya ada beberapa objek wisata yang dapat disebut ramah anak. Antara lain, Pantai Batu Hoda di Samosir, Sipinsur di Humbang Hasundutan (Humbahas) dan Huta Ginjang di Tapanuli Utara (Taput).

"Mungkin masih banyak yang ramah anak, tetapi sejauh ini kita melihat tiga objek itu yang sangat ramah terhadap anak. Karena kita melihat aspek - aspek kemungkinan resiko terhadap bahaya anak yang sangat minim," jelasnya.

Fendiv mencontohkan, untuk Pantai Batu Hoda di Samosir, selalu ada informasi yang diberikan terhadap pengunjung. Termasuk imbauan agar mengawasi anak. Selain itu pantainya memiliki sistem pengawasan yang baik.

Sementara Sipinsur dan Huta Ginjang merupakan objek wisata gunung yang tidak memiliki sarana bermain air. Sipinsur memiliki sarana bermain anak yang cukup banyak. Sehingga dapat memberikan ruang gerak yang lebih luas terhadap anak. Namun seluruh aktivitas anak harus tetap diawasi.

Ingin Berlibur? ke Sipinsur Saja
"Demikian juga dengan Huta Ginjang, karena kawasan ini sudah memiliki batas - batas area. Namun meskipun demikian anak - anak harus diawasi dengan ketat. Karena orang dewasa yang dapat mengukur tingkat bahaya pada anak yang didampinginya," katanya.

Selain itu, Fendiv juga berharap agar para pengelola objek wisata memberikan informasi dan imbauan terhadap pengunjung. Terlebih memasuki H+2 Lebaran tahun ini. Sebab, diperikan awal puncak kunjungan liburan lebaran ada di H+2. Terlebih dalam dua tahun terakhir masyarakat tidak dapat leluasa melakukan aktivitas di objek wisata.

Wisata lebaran 2022 mudik lebaran detikramadan Medan Danau Toba Sipinsur geosite Tipang Taput, Humbahas, Samosir Medan Sumut, Ponot, Air Terjun Tertinggi yang Berasal dari Aliran Danau Toba Rawan Amblas  Pasang Tanda 5 Keistimewaan Desa Tipang di Danau Toba yang Harus Anda Kunjungi.
×
Berita Terbaru Update