Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dandim Belitung Mengikuti Rapat Koordinasi Forkopimda Terkait Permasalahan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kab. Belitung

Jumat, 22 April 2022 | April 22, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-22T07:25:50Z
PEWARNA PUBLIK BELITUNG,-
Untuk mengatasi kelangkaan BBM di Belitung, Dandim 0414/Belitung Mengikuti Rapat Koordinasi Forkopimda Terkait Permasalahan Bahan bakar minyak yang Berlangsung di Ruang Rapat Bupati Belitung, jalan. Jend. A Yani, kelurahan Lesung Batang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Jum'at (22/04/2022).

Turut hadir dalam Rapat tersebut diantaranya Bupati Belitung, H Sahani Saleh, S.Sos, Ketua Komisi I DPRD  Belitung, Syamsir, Sekda  Belitung, H MZ. Hendra Caya, Dandim 0414/Belitung, Letkol Inf Hairil Achmad
Danlanud H AS. Hananjoeddin Letkol Nav Rudi Hartono,Kapolres Belitung, AKBP Tris Zeviansah Lesmana
Kajari Belitung, IG. Punia Atmaja
Asisten I, II dan III Setda  Belitung.
Kasi Tibbum Pol PP, Abdul Sani.

Dalam sambutanya Bupati Belitung Sahani Saleh meyampaikan antara lain" Kewenangan BBM berada di Provinsi, jika tidak ada respon, baru Kabupaten mengambil alih. BBM memang sering kesulitan terutama ketika menghadapi lebaran dan ketika terjadi angin musim barat. 

Saat ini pertalite bukan subsidi tapi penugasan khusus, beda dengan premium yang disubsidi. 

 Menurut PT. Elnusa (Jober) operator BBM di pulau Belitung anak perusahaan Pertamina, kuota BBM seluruhnya di Belitung yaitu 500 ton perhari. 

Saat ini yang jadi masalah adalah pertalite. Mesin suntik satu hari menghabiskan lebih dari 10 ton, dengan kondisi penambang timah lebih dari 2.000 mesin, bisa menghabiskan 2 ton pertalite, ini yang dimainkan oleh pengerit. 

Sedangkan Kapal hanya bisa membawa 1.500 ton. Jika telat sehari, akan langsung terhambat. Jika saat pandemi kemarin perjalanan belum banyak, 

saat ini karena pandemi mereda, perjalanan semakin banyak dan kebutuhan meningkat, terjadi kelangkaan BBM tidak hanya di Belitung tapi di tempat lain juga.

Jika dulu ada kebijaksanaan tidak boleh ada pengerit siang, hanya malam saja. Bagaimana strategi saat ini, karena semakin dekat lebaran, mobilisasi makin tinggi. Tapi harus diperketat juga dari Jober dan SPBU, jangan dropping BBM malam diam-diam.

Disepakati pengaturan pengantri BBM dengan pengamanan aparat gabungan dari TNI Polri dan Satpol PP di SPBU mulai 23 April 2022. 
(Rls Pendim)
×
Berita Terbaru Update