Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Skrining TBC Dengan Intervensi Rontgen Dada Bagi Warga Binaan Rutan Sigli

Minggu, 08 Oktober 2023 | Oktober 08, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-08T10:16:33Z


PEWARNA PUBLIK SIGLI, -
Sukseskan Skrining Active Finding Case (AFC) Penyakit Tuberkulosis (TBC), Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sigli konsisten melanjutkan penemuan kasus TBC secara aktif pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Sigli.

Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sigli Kanwil Kemenkumham Aceh A. Halim Faisal, A.Md.IP.,S.H menyampaikan, Antusiasme Pegawai dan WBP Rutan sangat terlihat pada kegiatan skrining masif ini. Para warga binaan berbondong-bondong mengantri dalam mendaftar untuk melakukan pemerikasaan dan rongent pada fasilitas kesehatan yang telah disediakan. 

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Dirkeswat Ditjenpas Kemenkumham RI No. PAS.06-PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan Intervensi Rontgen Dada yang bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif pada kelompok komunal yang berisiko tinggi, rentan terhadap penularan dan penyebaran di dalam komunitas khususnya Lapas, Rutan, dan LPKA," ungkap Faisal.


Sebagai langkah mencegah terjadinya penularan kasus Tuberkulosis (TBC), Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sigli melaksanakan kegiatan Active Case Finding (AFC) Penyakit TBC melalui Skrining Gejala dan Rongent Dada kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan  Sigli.

Dalam pelaksanaanya Rutan  Sigli bekerjasama dengan Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh, Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie dan Pelaksana Rongent dari PT. Tirta Medika. Selanjutnya apabila ditemukan ada WBP yang hasil Rongentnya mengindikasikan adanya infeksi TBC maka akan dilakukan pemeriksaan dahak dengan Tes Cepat Molekuler (TCM) yang dilaksanakan oleh Klinik Tirta Medika," ucap Faisal. 

 (Rdwn)
×
Berita Terbaru Update