Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rutan Sigli Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Senin, 02 Oktober 2023 | Oktober 02, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-02T07:40:10Z


PEWARNA PUBLIK SIGLI,-
Peringati Hari kesaktian pancasila tahun 2023 dengan Tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju” Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sigli melaksanakan upacara pada hari senin (02/10/2023). Upacara yang di laksanakan di lapangan Rutan Sigli di ikuti oleh seluruh petugas.

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sigli, A Halim Faisal bertindak sebagai inspektur upacara, dalam sambutannya membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu kita jadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang tangguh di masa yang akan datang,” sambutannya.

lndonesia adalah Negara yang dikenal dengan kekayaan keberagamannya baik itu agama, ras, suku, serta adat istiadat. Hal inilah yang membuat Pancasila bisa menjadi ideologi yang dapat menjaga persatuan dan kesatuan melalui nilai yang tercantum dalam Pancasila.

Dalam sejarah pelaksanaan ketatanegaraan lndonesia telah membuktikan bahwa Pancasila mampu mengatasi perbedaan-perbedaan dan pertentangan. Perbedaan atau pertentangan sebesar apapun yang timbul akan kembali reda dan dapat diatasi ketika perbedaan itu dikembalikan kepada falsafah Pancasila.


“Mari kita sama-sama membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Faisal.

Dalam sambutannya Faisal berpesan, selain menghargai jasa para pahlawan, peringatan ini juga perlu dilakukan agar bisa menjadi cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Hari Kesaktian Pancasila kita maknai sebagai upaya memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Tidak bisa dipungkiri bahwa Pancasila memiliki peran strategis sebagai fondasi dasar sebuah negara,” katanya.

Upacara berlangsung dengan lancar dan khidmat kemudian ditutup dengan untaian doa yang dipimpin secara islami oleh petugas.

  (Rdwn)
×
Berita Terbaru Update