Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemdes Serta Warga Desa Masangan Wetan-Sukodono,Gelar Bersih Desa

Senin, 18 September 2023 | September 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-18T07:42:14Z


PEWARNA PUBLIK SIDOARJO,-
di dalam dunia modern serta digitalisasi pemerintah desa serta warga desa masangan wetan kecamatan sukodono kabupaten sidoarjo,menggelar bersih desa serta acara panggung seni yang mendatangkan kelompok seni budaya yaitu seni budaya ludruk karya baru dari mojokerto,bertempat di depan balai desa masangan wetan,sabtu 16/9/23

Acara ini di hadiri oleh perwakilan dari PEMKAB,,DPRD,Camat,Danramil,Kapolsek Sukodono beserta jajaranya,kepala KUA,Kepala Desa Se Kecamatan sukodono,serta tamu undangan lainya.

Bersih desa merupakan tradisi turun–temurun dalam kebudayaan masyarakat. Di Jawa khususnya, ritual bersih desa telah dilakukan berabad–abad lamanya. Ritual bersih desa di Jawa merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam. Ritual bersih desa dapat didefinisikan sebagai wujud rasa syukur warga, sebuah desa atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat desa, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang. Ritual bersih desa sendiri biasanya dilaksanakan satu kali dalam setahun dan tradisi ini telah dilakukan secara turun – menurun dari zaman nenek moyang. Hari pelaksanaanya pun tidak sembarangan ditentukan, melainkan ada hari-hari tertentu di dalam kalender Jawa yang merupakan hari sakral untuk melaksanakan Ritual Bersih Desa.


"Alhamdulillah saya sangat senang sekali pak karena di desa ini bisa melaksanakan bersih desa dan paling tunggu tunggu teman-teman bahkan saya adalah puncak pentas seni budaya,yaitu seni budaya ludruk ini"ungkap salah satu warga.

Ritual bersih desa tidak selalu sama di setiap daerah atau desa karena memang leluhur yang membawa tradisi tersebut berbeda di setiap daerah. Oleh karena itu, upacara adat yang dilaksanakan pun berbeda tergantung pada leluhur siapa yang disakralkan.

H.Budiono,SH.,MM., Selaku kepala Desa Masangan wetan, mengatakan"Tujuan bersih desa adalah untuk memohon berkat agar hasil panen warga berikutnya melimpah, seluruh warga diberi kesehatan dan menjadikan desa yang aman, tentram, gemah ripah loh jinawi,"

lanjut kata kepala desa Alhamdulillah acara bersih desa ini berjalan aman sukses,tanpa halangan sedikitpun"pungkasnya.


(Arif)
×
Berita Terbaru Update