Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan Hasil Pertanian Melalui Bantuan Alsintan

Selasa, 25 Juli 2023 | Juli 25, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-26T06:35:44Z


PEWARNA PUBLIK TOBA,-
Peningkatan kuantitas dan kualitas hasil pertanian diharapkan dapat meningkat melalui penyerahan  bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada sejumlah kelompok tani di Kabupaten Toba. 

Harapan ini disampaikan oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus kepada para kelompok tani yang menerima bantuan alat pertanian yang bersumber dari APBN Kementerian Pertanian dan APBD pada Selasa (25/7/2023) sore di UPTD Balai Benih Tanaman dan Hortikultura di Landbow, Desa Sibarani Nasampulu, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba. 

Terdapat 13 kelompok tani yang menerima bantuan alat pertanian berupa corn sheller (pemipil jagung) dan  Power Thresher (perontok padi). Dari 13 kelompok tani tersebut, 8 diantaranya menerima alat perontok padi sedangkan 5 kelompok tani lain menerima bantuan alat pemipil jagung 

"Jadi bapak-ibu, satu hal pesan saya. Continuous Improvement, dalam bahasa batak maknanya adalah 'Pature Torus, Torus Pature' (melakukan perbaikan terhadap hal yang kurang baik secara terus-menerus). Apa saja yang bisa kita perbaiki hari ini mari kita perbaiki," kata Poltak Sitorus  sebagai pesan utamanya sebelum menyerahkan alat pertanian tersebut. Saat itu Kadis Pertanian,T.H Sitorus dan Kadis Ketahanan Pangan, Sahat Manullang ikut  mendampingi bupati dan ikut memberikan informasi hal pertanian dan peternakan bagi para kelompok tani

Lewat pemberian bantuan tersebut, diharapkan dapat membantu petani dalam hal meningkatkan hasil pertanian, termasuk efektifitas waktu produksi.

 "Jadi kita harapkan petani mampu meningkatkan hasil produksi dengan alat pertanian ini," lanjut Poltak Sitorus. 

Beliau juga berpesan agar kelompok tani satu hati dalam hal pemakaian, pengelolaan dan perawatan alat pertanian tersebut.

 "Jadi harus sepakat dan sehati dalam memakai alat ini. Supaya semua berjalan baik dan tidak ada masalah di dalam kelompok," ujarnya. 


Saut Siagian, Ketua Kelompok Tani Sitonggi-tonggi dari Desa Bonan Dolok 2 yang menerima bantuan 1 unit corn seller (Alat Pipil Jagung) menyampaikan rasa terimakasih ke pemerintah atas bantuan yang diserahkan. 

"Terimakasih banyak kepada pemerintah, terlebih kepada Pak Bupati yang menyerahkan bantuan sama kami. Semoga kami dapat meningkatkan hasil produksi pertanian kami ke depan," ujarnya singkat. 

(MC Toba/ TH)
×
Berita Terbaru Update