Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Toba, Poltak Sitorus, menerima audiensi Kepala Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Pematang Siantar

Rabu, 07 Juni 2023 | Juni 07, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-07T13:02:52Z


PEWARNA PUBLIK TOBA,-
Bupati Toba, Poltak Sitorus, menerima audiensi Kepala Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Pematang Siantar, dr. Kiki Chrismar Marbun, dan Kepala BPJS Kabupaten Toba, Dolok Erikson Siagian, di ruang kerja Bupati Toba, lantai 2 Kantor Bupati Toba, Rabu 7 Juni 2023.

Audiensi ini dimaksudkan untuk bersilaturahmi dan meminta saran dan masukan dari Pemerintah Kabupaten Toba dalam upaya mencapai Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Toba, sekaligus menyampaikan kondisi terkini jumlah kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Toba sampai dengan bulan Mei 2023. 

Universal Health Coverage (UHC) atau Jaminan Kesehatan Semesta, merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Kepala BPJS Pematang Siantar, dr. Kiki Chrismar Marbun, menjelaskan bahwa dalam rangka mewujudkan UHC, pemerintah Indonesia telah menyelenggarakan dan menggalakkan program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Pemerintah bersama masyarakat  berkomitmen untuk mencapai cakupan UHC agar semua orang memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial.

Selanjutnya disampaikan bahwa capaian kepesertaan JKN di Kabupaten Toba hingga Mei 2023, masih mencapai 87,76 %. Diharapkan, pada 2024  kepesertaan JKN Pemkab Toba bisa mencapai target nasional yakni 95%, seraya menyebutkan angka 26.149 jiwa penduduk Toba yang belum tercover JKN.

Menanggapi, Bupati Poltak Sitorus mengatakan bahwa hal tersebut merupakan tantangan bagi Pemkab Toba, mengingat target 26.149 jiwa bukan jumlah yang sedikit. Namun Ia berkomitmen akan berupaya semaksimal mungkin dan mengerahkan seluruh jajaran terkait agar target tersebut bisa tercapai.

"Harapan kita, seluruh masyarakat kita terlayani kesehatannya. Jangan sampai masyarakat jatuh miskin karena mengalami sakit," sebut Bupati.

Turut menerima audiensi, Sekretaris Daerah Augus Sitorus, Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jhonni DP Lubis, Asisten Administrasi Umum Verry S Napitupulu, Kadis Sosial Lalo H Simanjuntak, Kabag Prokopim Try Sutrisno Pandapotan.

(MC Toba pkp/ Tampu 29)
×
Berita Terbaru Update