Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

MTS & MA Ma'arif Kedungkendo - Candi.Melaksanakan melaksanakan Pondok Ramadhan 1444 H/2023 M.

Senin, 17 April 2023 | April 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-18T04:34:14Z


PEWARNA PUBLIK SIDOARJO,- 
Di bulan suci Ramadhan MTs & MA Ma'arif NU Kedungkendo-Candi mengadakan kegiatan Pondok Ramadhan mulai tanggal 15 April  sampai 17 April 2023 dengan tema " Wujudkan Generasi Milenial Miliki Iman dan Taqwa di Era Modern ". Kegiatan ini, dilakukan sebagai sarana pelatihan untuk melatih kepribadian para siswa - siswi baik secara jasmani maupun rohani terutama di bulan yang penuh berkah ini, bulan penuh magfiroh dan bulan yang lebih baik dari seribu bulan. Dalam sambutan pembukaan Pondok Ramadhan 1444 H/ 2023 M. MTS & MA Ma'arif Kedungkendo - Candi.Melaksanakan melaksanakan Pondok Ramadhan 1444 H/2023 M.

Kepala MTs Ma'arif NU Kedungkendo - Candi Kab. Sidoarjo Hj. Siti Cholifah, M.Pd., berharap para siswa bisa mengikuti semua rangkaian kegiatan dengan baik, semangat dan penuh keikhlasan. “Karena di bulan Ramadhan apa yang kita lakukan akan berlipat ganda pahalanya oleh Allah SWT, ” Ujarnya.


Pembukaan Pondok Ramadhan tersebut dilaksanakan pada Sabtu  (15/4/2023) dengan sederhana dan khidmat. Dalam sambutannya, Kepala MTs Ma'arif NU Kedungkendo-Candi menyampaikan kegiatan Pondok Ramadhan ini diselenggarakan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Kemudian menyampaikan firman Allah yang terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 183 yang artinya " Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa".

Kegiatan pondok Ramadhan ini dengan mengambil tempat di halaman sekolah & kelas yang diikuti siswa kelas 7 sampai kelas 9  dan kelas 10 - 11. Kegiatan Pondok Ramadhan tahun ini diikuti oleh 186 siswa MTs Ma'arif NU dan 55 Siswa MA Ma'arif NU.

 Di dalam sambutannya, Kepala MTs Ma'arif NU Kedungkendo-Candi juga menyampaikan rangkaian kegiatan pondok Romadhon diantaranya Istighosah materi secara klasikal, Tadarus, materi perkelas, Lomba Kultum 3 Bahasa ( Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab).
Puncak dari Safari  Ramadhan MTs Ma'arif NU pada hari Senin, 17 April 2023 sore hari yaitu : Muroja'ah juz 30 dilanjutkan Bagi Takjil, Santunan anak yatim & Duafa, Buka bersama, Sholat Magrib serta yang terakhir sholat tarawih berjamaah di halaman Madrasah. 

Santunan tahun ini diberikan kepada Anak Yatim-piatu dan Duafa sebanyak 50 orang. 
Akhir dari kegiatan Safari Ramadhan Setelah sholat tarawih adalah pengumuman dari lomba Kultum dimana Lomba Kultum Bahasa Indonesia juara 1 di raih Cristin kelas 7.B, juara 2 Amel kelas 9. A dan terakhir juara 3 diraih Fityan kelas 8.A. Untuk Bahasa Inggris juara 1 diraih oleh Manda kelas 8.A dan Bahasa Arab di raih Najwa kelas 8. B.

 Dalam kegiatan lomba KULTUM, siswa - siswi MTs Ma'arif NU Kedungkendo-Candi sangat antusias mengikuti nya. Sebagai bentuk Apresiasinya diberikan Hadiah kepada sang juaranya. Semoga di tahun depan lebih semarak lagi kegiatan dalam mengisi bulan Ramadhan. 

Dalam penyampaian Materi klasikal oleh Bpk .Drs.M.Sudjono tentang Lailatul Qadar Siswa - siswi antusias mengikuti nya kemudian di lanjutkan lagi materi di kls masing - masing dengan berbagai materi tentang Fiqih puasa, Zakat dan idul Fitri. Inti dari kegiatan ini yaitu: "4 golongan  orang-orang yg di rindukan Surga" Yg pertama orang yg senang membaca Al-Qur' an, yg kedua orang yg bisa menjaga lisan, yang ketiga orang yg suka memberi makan orang miskin dan yang ke empat orang yg berpuasa Ramadhan. Demikian kurang lebih kita memaknai bulan Ramadhan dan mengisinya dengan berbagai kegiatan yang baik karena pahalanya sangat berlipat ganda. Rugi bagi kita kalau tidak bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

(arif)
×
Berita Terbaru Update