Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Masyarakat HKBP Kota Jakarta Salurkan Bibit Pohon Buah untuk Pelestarian Lingkungan di Siborongborong, 6 s/d 8 April 2023.

Rabu, 12 April 2023 | April 12, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-12T09:19:01Z


 Kepala Sekolah SMA PGRI 20 Siborongborong Drs.Alpa Simanjuntak menyerahkan Bantuan dari Masyarakat HKBP Kota Jakarta jenis tanaman berbuah ke Masyarakat di Halaman SMA PGRI 20 Siborongborong.


PEWARNA PUBLIK SIBORONG ,- 
Masyarakat HKBP Kota Jakarta (PMK HKBP ) memberikan Bantuan Pelestarian lingkungan berupa 50.000.000(Lima Puluh Ribu) bibit pohon buah sebagai sarana rehabilitasi lingkungan dengan lokasi penanaman di Desa se- Kecamatan Siborongborong, Kelurahan Siborongborong, Desa Sitabotabo,Desa Bahal Batu 3, Desa Pariksabungan dan lainnya, Kecamtan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara melalui SMA PGRI 20 Siborongborong, pada (6 s/d 8 April 2023.

Pelaksanaan penanaman bibit pohon ini juga merupakan bentuk dukungan kepada program Pemerintah Pusat dan Daerah, yakni gerakan menanam 1 juta pohon,ujar Drs.Alpa Simanjuntak, Rabu 12 April 2023

Dalam program tersebut, Masyarakat HKBP Kota Jakarta juga melakukan misinya dan edukasi bertema Budidaya Tanaman Kayu berbuah di Kecamatan Siborongborong, khususnya dilahan tidur yang ada dibeberapa desa.

SMA PGRI 20 Siborongborong dihunjuk menjadi embrio petani milenial karena generasi penerus yang berisi anak-anak muda tergabung dalam program masyarakat HKBP Kota Jakarta turut ambil bagian sebagai penyalur ke petani.


 Visi Misi dan edukasi kemudian disampaikan oleh Kepala SMA PGRI 20 Siborongborong, Drs.Alpa Simanjuntak Mpd Produksi Pertanian, sebagian besar masyarakat di Siborongborong memang berprofesi dengan bercocok tanam.

Alpa menjelaskan, Masyarakat HKBP Kota Jakarta sendiri terus melakukan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJKB) di sepanjang tahun 2023.

 Program tersebut adalah upaya untuk membantu masyarakat di bidang lingkungan, kesehatan, pendidikan, kebutuhan pokok, sarana dan prasarana umum, serta berbagai kebutuhan masyarakat lainnya.

Jenis kayu berbuah yang disalurkan:Kopi,Pinang,Durian,Kemiri,Ketapang kencana,Pucuk merah,Petai,Jengkol,Mahoni,Kaliandra,M.Api.

Adapun masyarakat penerima salah satunya Kepala Desa Bahalbatu 3 Marihot Sihombing,mengatakan melalui telepon genggamnya, atas nama masyarakat Desa Bahalbatu 3 mengucapkan terima kasih buat Masyarakan HKBP Kota Jakarta yang memberikan bantuan berupa tanaman kayu jenis berbuah, kiranya Tuhan Yang Maha Esa memberkati HKBP dimanapun berada, khusus program HKBP Kota Jakarta,ujarnya.


Ketua Pelayanan Masyarakat Kota(PMK) HKBP Kota Jakarta Indra Nababan mengatakan,melalui telepon gengganya, masyarakat HKBP Kota Jakarta terus memberikan manfaat kepada masyarakat luas melalui program-program tanaman jenis kayu berbuah(TJKB) yang dijalankan.

“Masyarakat HKBP Kota Jakarta konsisten menjalankan fungsinya melalui program TJKB untuk memberikan manfaat di bidang lingkungan, sosial, dan ekonomi. 

Pemberian bantuan ini merupakan bentuk komitmen PMK HKBP Jakarta untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujar Indra lewat Whast App nya.

“PMK telah menjalankan berbagai program TJKB yang selaras dengan prioritas tujuan pembangunan berkelanjutan yang berpedoman pada Peraturan Menteri BUMN. 

Program TJKB tersebut diharapkan dapat mendukung kegiatan bisnis yang berdampak positif pada aspek sosial, lingkungan dan ekonomi sehingga mampu menciptakan Creating Shared Value,” lanjut Indra Nababan.

Upaya penanaman bibit pohon yang dilakukan PMK ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang menyatakan tahun lalu bahwa program menanam pohon melalui Program TJSL adalah untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

“Dampak dari penanaman pohon akan menjadikan udara lebih bersih, mengurangi dampak pemanasan global, menyerap polusi udara, membantu mencapai target emisi nol pada tahun 2060 dan juga menjawab isu dekarbonisasi,” ujarnya.

 (Tohap )

Sebagai Informasi, keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia telah menetapkan bulan Desember sebagai bulan menanam nasional,ucapnya mencontohkan.[Tohap Simaremare]
×
Berita Terbaru Update