Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Persiapan Petugas Pantarlih' Vandiko Gultom Hadiri Demi Suksesnya Pemilu

Senin, 13 Februari 2023 | Februari 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-13T13:08:08Z

PEWARNA PUBLIK SAMOSIR,-
Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom menghadiri Apel Kesiapan Petugas Pantarlih se-Kabupaten Samosir yang dilaksanakan di Terminal Onan Baru-Pangururan, 12/02/2023.

Turut Hadir, disana Kapolres Samosir Yogie Hardiman, juga Danramil Pangururan Sugiono, serta jajaran Komisioner KPU, Asisten I Tunggul Sinaga, Kaban KesbangPol Dumosch Pandiangan, Camat Pangururan Robintang Naibaho, PPK dan PPS se-Kecamatan Pangururan, Pantarlih se-Kecamatan Pangururan. 

 Kesiapan  Apel Pantarlih ditandai dengan Penyerahan peralatan kelengkapan kepada petugas pantarlih, penyematan badname oleh Bupati Samosir, Kapolres Samosir, Danramil serta jajaran Komisioner KPU. 

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menyampaikan tugas Pemutakhiran data pemilih (pantarlih) melalui pencocokan dan penelitian (Coklit)  merupakan  tugas yang sangat penting dan strategis karena menyangkut konstitusi warga dalam negara dalam menggunakan hak pilihnya demi suksesnya penyelenggaraan pemilu. Untuk itu petugas pantarlih diharapkan melaksanakan tugas dengan baik, teliti dan menjalin kerjasama serta koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Samosir untuk mendukung pelaksanaan pencocokan dan data pemilih penelitian (Coklit)  yang dilaksanakan petugas Pantarlih. 

"Selamat bertugas dan bekerja kepada seluruh petugas Pantarlih. Bekerja dengan serius untuk menghasilkan data yang akurat demi suksesnya pemilu 2024 di Kabupaten Samosir" kata Vandiko mengakhiri. 

Ketua KPU Samosir, Ika Rolina Samosir yang bertindak sebagai pembina Apel menyampaikan Apel Kesiapan Pantarlih dilaksanakan secara serentak di Indonesia. 

Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih akan dilaksanakan selama 2 (dua) bulan mulai tanggal 12 februari sampai dengan 11 April 2023. 

Kesuksesan tahapan pemutakhiran data pemilih merupakan penentu untuk tahapan pemilu selanjutnya. " Jika penyusunan daftar pemilih bermasalah atau tidak valid maka dapat dipastikan tahapan pemilu selanjutnya terganggu" Kata Ika Rolina Samosir.

Sebagai ujung tombak pemuktahiran dan penyusunan daftar pemilih di Kabupaten Samosir, Ketua KPU Ika Rolina menekankan perlu adanya kesiapan Pantarlih dalam melaksanakan tugas. Petugas Pantarlih diharapkan menjalankan tugas dengan berkoordinasi dengan tokoh masyarakat lokal, menggunakan atribut/perlengkapan dalam melaksanakan tugas, mengisi buku kerja untuk mencatat seluruh aktivitas kegiatan serta berkoordinasi dengan PPS, PPK dan KPU bila ada hal-hal yang tidak jelas. 

Ditambahkan, bahwa KPU Samosir telah merekrut sebanyak 464 Pantarlih se-Kabupaten Samosir dan secara serentak langsung dilakukan pelantikan bagi petugas Pantarlih.

Setelah coklit, ditetapkan daftar pemilih sementara yang akan diumumkan untuk diketahui masyarakat dan masih dibuka ruang bagi masyarakat yang belum terdaftar. 

Kapolres Samosir, Yogie Hardiman menekankan agar Pantarlih bekerja dengan baik guna menghasilkan data-data yang akurat. Dalam hal pemuktahiran data pemilih  dan seluruh tahapan pemilu, Kapolres Samosir mengatakan akan tetap melakukan pengamanan demi kesuksesan Pemilu sampai Pilkada 2024. 

" Kami sangat mendukung kegiatan Pantarlih dan akan melakukan pengamanan demi suksesnya pemilu hingga pilkada 2024" tegas Yogi.

Hal yang sama disampaikan Danramil Pangururan Sugino , berharap Pantarlih dapat melaksanakan tugas dengan amanah. Sehingga tidak ada  pergejolakan supaya pelaksanaan Pemilu 2024 lancar, Aman, dan tentram.

Sebagai Warga yang memiliki domisili di Kabupaten Samosir dan memiliki hak pilih, Bupati Samosir juga akan memberikan data kepada petugas Pantarlih yang akan melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) di Desa Sitamiang Kecamatan Onan Runggu.

(Simbolon Slow (kmf)
×
Berita Terbaru Update