Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa UMM Memberikan Perubahan Di SDN Tegalgondo

Jumat, 24 Februari 2023 | Februari 24, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-24T08:13:34Z

PEWARNA PUBLIK MALANG,-
PMM atau Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa adalah salah satu program pengabdian oleh Universitas Muhammadiyah Malang, dimana setiap mahasiswa/i akan berkunjung pada suatu tempat secara perorangan atau berkelompok dan membuat program untuk membantu tempat yang ada. 

Hree Dharma Koordinator Kelompok mengatakan, Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 
Salah satunya yang dilakukan oleh kelompok kita yaitu kelompok 94 gelombang 12 yang anggotanya ada lima orang yaitu Hree Dharma, Nafis Dwi Akram, Siti Lukyana, Fingka Suci dan Mochamad Aria  yang dibina oleh ibu Lintang Satiti Mahabela ST. MT.” Ucap Hree Dharma.

Lanjut Hree Dharma, Kegiatan PMM berawal dari observasi dan meminta izin pada kepala sekolah SDN Tegalgondo , Bapak Mohammad Ari, S.Pd. Dan kami langsung berdiskusi akan program yang akan dilakukan. 
 Hingga kelompok 94 menentukan program literasi membaca pada anak-anak disana, terutama pada anak kelas 5 SD, karena berdasarkan survei dan observasi yang telah dilakukan, dan juga beberapa program dari rekomendasi sekolah. Ucap Hree Dharma 

Program kegiatan  dimulai pada Senin, (23/01/23), dimana kelompok 94 menyiapkan beberapa hal seperti materi pembelajaran, laptop, lcd dan beberapa soal quiz.

Kegiatan berlanjut pada Selasa (24/01/23) dilakukan pembukaan resmi bersama  kepala sekolah SDN Tegalgondo yaitu Bapak Mohammad Ari, S.Pd. dan guru wali kelas 5. 

Lanjut Hree Darma, setelah pembukaan, dilanjut dengan kegiatan program di dalam kelas berupa perkenalan dan pengamatan awal pada anak-anak kelas 5. Setelah itu, terjalan kegiatan-kegiatan sesuai program berupa pengenalan microsoft word, kemudian ada beberapa games agar anak-anak tidak bosan selama kegiatan berlangsung. 

Dalam seminggu, kegiatan di sekolah terjalan dari senin sampai jum'at dengan kegiatan di kelas selama 60 menit. Kegiatan berlangsung berlangsung selama 4 minggu dari 24 Januari 2023 sampai dengan 21 Februari 2023. Selama kegiatan berlangsung cukup lancar ditambah dengan ke aktifan siswa yang bersemangat.” Ujar Hree Dharma 

Untuk kegiatan literasi, anak-anak diberikan materi membaca, dimana pembelajaran literasi ini perlu diberikan pada anak-anak sebagai pembekalan dini untuk menstimulasi siswa agar mampu mengembangkan keterampilan membaca. 

Para Mahasiswa juga memberikan materi untuk literasi membaca, kelompok 94 juga memberi kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas anak-anak yang ada dengan membentuk kelompok dikelas dan setiap kelompok mempresentasikan setiap materi yang diberikan. 

Kegiatan berakhir adalah penutupan dengan anak-anak kelas 5 dan dengan kepala sekolah dan guru di sekolah, dimana dengan anak-anak kelas 5 dilakukan kegiatan terakhir post-test, meminta anak-anak memberi kesan dan pesan selama kegiatan berlangsung, dan foto bersama-sama. 

Sementara penutupan dengan kepala sekolah dan guru di sekolah, kegiatannya berupa kelompok 94  memberikan vendel kepada kepala sekolah sebagai kenang-kenangan. Tutup Hree Dharma.
(M4)
×
Berita Terbaru Update