Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Komisi VII DPR RI Gandeng BRIN Gelar Pelatihan Pengolahan Sampah Jadi Kompos

Rabu, 07 Desember 2022 | Desember 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-07T12:58:49Z
PEWARNA PUBLIK TAPUT,- Anggota Komisi VII DPR RI , Ir. Lamhot Sinaga menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), menggelar kegiatan pelatihan pengelolaan sampah menjadi kompos di Hotel Ester Silangit Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara.

Jumlah peserta pelatihan sebagian berasal dari kelompok tani  di tiga kecamatan serta elemen masyarakat lainnya.

“Komisi VII DPR RI bermitra dengan BRIN. Sebetulnya banyak program-program dari BRIN itu tentang pelatihan-pelatihan. 

Ir.Lamhot sinaga memaparkan kegiatan ini berkat kerjasama Komisi VII DPRI dengan BRIN dalam mengatasi kelangkahan Pupuk Kimia,maka BRIN dihadirkan di Tapanuli Raya dalam pembuatan Pupuk Kompos berdaun hijau,untuk itu saya harus membagi waktu tugas yakni mewakili Rakyat di Pusat dan mengunjungi Rakyat di dapil Sumut II,ungkapnya.

Ir.Lamhot Sinaga memberi waktu untuk kesempatan menyampaikan aspirasi Rakyat yang hadir mewakili Desa,dari Kecamatan Pagaran,Kecamatan Sipahutar,Kecamatan Siborongborong,terkait pentingnya kehadiran sumber BRIN dalam pembuatan kompos bebahan hijau dalam mengatasi kelangkaan pupuk kimia.

Lamhot Sinaga memberikan jawaban satupersatu tentang permohonan warga dan berjanji akan memberikan traktor mini untuk tiga Kecamatan dengan jumlah yang tidak ditentukan,kata dia.

Sambutan dari BRIN diwakili Kamera Sembiring Msi,dengan narasumber Firman.

“Karena BRIN itu memang dari lulusan dalam tanah seperti tadi dalam sambutan saya, sampai bisa bikin kompos sendiri yang sangat berguna pada tanaman” ujarnya.

Dia berharap, para peserta pelatihan bisa mengolah sampah menjadi kompos. Sehingga bermanfaat dan menjadi nilai tambah. Sehingga bisa menjadi pelaku ekonomi berdikari di bidang ekonomi.

“Kita akan dorong terus, karena kesadaran kadang -kadang perlu di motivasi. 

Kalau kita juga sebagai Wakil rakyat kegiatan ini dihadiri Wakil Rakyat dari DPRD Tapanulu Utara,Ir.Reguel Simanjuntak,Ir.Ronal Simanjuntak,Ketua DPC Taput Ir.Fernando Simanjuntak SH,Rijon Manalu, ungkapnya. (Tohap)
×
Berita Terbaru Update