Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Proyek 1,4 Milyar Jalan Aspal di Kelurahan Kedundung Mojokerto Kota Mulai Retak dan Ditumbihi Rumput Hijau

Rabu, 02 November 2022 | November 02, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-06T14:49:56Z

PEWARNA PUBLIK MOJOKERTO,- Proyek yang menelan APBD kota Mojokerto tahun 2021 sebesar Rp. 1,4 milyar mulai retak dan ditumbuhi rerumputan hijau. LSM Jatim menyorot tahap perencanaan dan  pelaksanaan yang diduga tidak mengikuti standart spesifikasi teknis. Kamis (3/11/2022). 


Tumbuhnya rerumputan hijau di atas aspal sontak menjadi perhatian.  Bejo, Kepala Investigasi Jatim mencurigai ketebalan aspal dan proses pemadatan basecost di proyek pembangunan jalan ini. 


"Kalau ketebalan aspal dan proses pemadatan di setiap lapisan dikerjakan sesuai dengan spesifikasi teknis maka rumput dan retak tidak mungkin terjadi," kata pria yang akrab disapa Bejo. 


Keretakan permukaan aspal sendiri, lanjut Bejo, diduga akibat turunnya permukaan tanah. Kejadian ini tidak akan terjadi bila sejak dari tahapan perencanaan hingga pelaksanaan semua pihak melakukan tanggung jawabnya. 


Bejo menambahkan bahwa tidak ada kejadian alam seperti gempa bumi sepanjang tahun yang memgakibatkan turunnya pemukaan tanah. 


"Saya menduga kesalahan ada di konsultan perencana atau di pelaksana, antara merekalah," kata Bejo.

 

Awak media mencoba melakukan konfirmasi ke perusahan penyedia. Dihubungi lewat pesan aplikasi WhatsApp, Kontraktor mengakui akan melakukan perbaikan. 


"Iya mas...sudah ada agenda untuk perbaikan," kata kontraktor penyedia. 


Dalam penelusuran Pewarna Publik, proyek pembangunan jalan ini diperkirakan masih dalam tahapan pemeliharaan. Namun yang menjadi sorotan adalah suku cadang yang masuk dalam komponen HPS tampaknya tidak sesuai dengan metode pemeliharaan. 


Pasalnya, wilayah aspal yang mengalami keretakan yang memanjang justru ditambal dengan semen. Mungkinkan Semen telah menjadi komponen suku cadang yang diperhitungkan PPK sewaktu menyusun harga HPS.


Awak Media mencoba meminta tanggapan LSM terkait hal ini, dengan sedikit tersenyum, Bejo tidak memberikan komentar panjang terkait hal ini.


"kami sudah siapkan draf Dumas untuk permasalahan ini," tutup Bejo.

(Man)

×
Berita Terbaru Update