Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Toba Diawali Upacara di Makam Raja Sisingamangaraja XII

Kamis, 10 November 2022 | November 10, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-11T06:01:47Z

PEWARNA PUBLIK TOBA,- Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Toba, diawali dengan melakukan upacara ziarah ke makam Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII di Soposurung, Desa Silalahi Pagar Batu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Kamis (10/11/2022).

Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Toba, diawali dengan melakukan upacara ziarah di makam Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII di Soposurung, Desa Silalahi Pagar Batu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Kamis (10/11/2022).

Sebagai inspektur upacara ziarah Kapolres Toba AKBP. Taufiq Hidayat Thayeb memimpin penghormatan dan mengheningkan cipta kepada arwah Raja Sisingamangaraja XII, pahlawan nasional dari Tanah Batak yang dikenal gigih melawan penjajah kolonial Belanda.

Dalam rangkaian upacara ini, Kapolres Taufiq bersama Forkopimda dan undangan melakukan penghormatan dengan menabur bunga di area makam.

Turut hadir Bupati Toba, Poltak Sitorus, Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak, Kejari Toba Samosir Samsul Kasim, Ketua PN Balige Evelyne Napitupulu, Mewakil Dandim 0210/TU Perwira Penghubung Mayor (Inf) Kaminton Napitupulu.

Sekdakab Toba Augus Sitorus, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Toba Wanton Naibaho.

Ketua 1 TP PKK Kabupaten Toba Ny.Erna Grace Tonny Simanjuntak, Ketua DWP Kabupaten Toba Ny.Irmayanti Augus Sitorus.

Peserta upacara pasukan dan perwira TNI, Polri. Kemudian pimpinan perangkat daerah, PNS, perwakilan OKP, Ormas, Persit Kartika Chandra Kirana Bhayangkari, dan lainnya.

Seusai dari makam Raja Sisingamangaraja XII, semua peserta upacara bergerak menuju ke halaman Kantor Bupati Toba untuk mengikuti upacara bendera. Di sana sudah ada peserta lainnya dari utusan pelajar SD, SMP, SMA, veteran, atlet KONI Kabupaten Toba, dan undangan lainnya.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Toba, Poltak Sitorus, sebagai Perwira Upacara, AKP Agus Salim Siagian (Kapolsek Balige) dan Komandan Upacara, Kapten P. Sibuea,
Sibuea (Dansub Denpom 1/2-6 Balige).

Seusai penaikan bendera, pembacaan Pancasila, UUD 1945, dan Pesan Para Pahlawan, Bupati Poltak Sitorus menyampaikan sambutan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini.

Dikatakan bahwa kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita.

Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh.

Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid-19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan.

"Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang. Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang. Sekali merdeka, tetap merdeka," katanya.

Selanjutnya diajak menjadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya.

"Jadikanlah semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama," katanya.

Seusai acara, Bupati Poltak Sitorus didampingi Wabup Tonny M.Simanjuntak, Sekda Augus Sitorus bersama Forkopimda memberikan penghargaan berupa tali asih kepada sejumlah veteran.

Kemudian dilanjutkan pemberian penghargaan secara simbolis bonus atas prestasi tim KONI Kabupaten Toba yang meraih medali, 5 emas, 2 perak dan 5 perunggu di ajang Pekan Olah Raga Provinsi Sumatra Utara (Porprovsu 2022) .

Atlet karate Toba memperoleh 3 medali emas atas nama Faisal Siahaan, Suparno Hengky Juprianto Sitorus, Anges Bellina Sereaty Sirait. 2 medali emas berikutnya dari atlet Biliar, Yance Arion Marpaung dan Aldi Hutahaean.

2 medali perak diperoleh atlet karate Endrico Tambunan dan Daniel Hutapea.

Selanjutnya 3 medali perunggu diperoleh Golkar Napitupulu, Tohom Lumbantoruan, dan Agustina Sinta M.Sihotang. 2 perunggu lainnya dari atlet Biliar yaitu Falti Aruan dan Devi.

[Tohap Simaremare]
×
Berita Terbaru Update