Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dandim 0414/Belitung Hadir Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Yang Ke–50 Tahun 2022

Rabu, 14 September 2022 | September 14, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-14T15:33:30Z

PEWARNA PUBLIK BELITUNG,-
Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Hairil Achmad, S.I.P Menghadir Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) 
Ke–50 Tahun 2022,
Rabu  (14/09/2022).

Pelaksanaan Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang ke 50 Tahun 2022. Dengan mengusung tema "Lima Puluh Tahun Gerakan PKK, Berbakti Untuk Bangsa, Berbakti Untuk Sesama." Yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Belitung. Jalan Jend. A. Yani, Kecamatan Tanjungpandan, kabupaten Belitung,

Dalam kegiatan ini juga  dihadiri oleh.
Bupati Belitung yang diwakili Staf Ahli Bidang Administrasi Umum, Warsito,
Ketua TP PKK Kabupaten Belitung, Ny. Hj Asmara Sahani, Dandim 0414/Belitung, Letkol Inf Hairil Achmad, S.I.P,
Ketua Persit KCK Cab. XLI Kodim 0414/Belitung, Ny dr. Izza Hairil Achmad,
Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Belitung, Ny. Funi Isyak Meirobie.
Ketua Darmayukti Karini PN Tanjungpandan, Ibu Marini, SH. Perwakilan Pia Ardhiagarini Lanud H AS Hananjoeddin, Perwakilan Bayangkari Polres Belitung dan Perwakilan Organisasi Wanita yang tergabung dalam GOW Kabupaten Belitung, Para Camat, Lurah dan Kades se-kabupaten Belitung, Para Pengurus TP PKK dari tingkat Kabupaten sampai ke Tingkat Desa se-kabupaten Belitung, Serta tamu undangan yang berjumlah sekitar 100 orang.8⁵
Dalam kata Sambutan Ketua Umum TP PKK Pusat yang di sampaikan oleh Wakil TP PKK Kab. Belitung, Ny. Funi Isyak Meirobie. Sepanjang lima puluh tahun perjalanan Gerakan PKK, tentu banyak hal yang telah dilakukan.

Dinamika perjalanan Gerakan PKK selama ini, bisa menjadi bahan pembelajaran bagi kite semua. Bahwa upaya memberdayakan keluarga dan masyarakat itu perlu dilakukan dengan pendekatan cipta rasa dan karsa,yakni dengan hati dan niat yang tulus.Oleh karena itu, Gerakan PKK pada hakekatnya dilakukan dengan pendekatan

Momentum Peringatan HKG-PKK kali ini juga harus mampu kita dayagunakan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program. 

Untuk melakukan hal itu, sudah ada instrumen manajemen kelembegaan dan program sebagaimana kita sepakati bersama dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakemas) IX PKK Tahun 2021. 

Sesuai dengan kesepakatan Hasil Rakemas IX, maka saya berharap agar langkah penyesuaian manajemen kelembagaan Tim Penggerak PKK dapat dilakukan di semua jenjang.

Hal ini menjadi penting, karena pada hakekatnya program-program PKK dapat terlaksana secera baik dan tepat sasaran, ketika itu semua dikelola oleh sistem manajemen kelembagaan yang juga baik. 

Saya merasa perlu menyampaikan ini semua, karena kita semua tentu tidak menginginkan bahwa Hasil Rakernas IX PKK Tahun 2021 hanya menjadi dokumen yang teresimpan di dalam lemari. 

Sejalan dengan makna gerakan, maka Gerakan PKK yang digerakkan oleh Tim Penggerak PKK harus bergerak secara dinamis mengikut perkembangan. 

Saya senantiasa mendorong agar ada nuansa pembaharuan dalam Gerakan PKK, jangan monoton, dan harus ada keselarasan gerak dengan kesatuan Gerak PKK Ke-50 Tahun 2022 ini, menjadi titik tolak kita untuk memompa semangat pembaharuan kita dengan mengembangkan daya kreasi dan kreatifitas kita dalam pemberdayaan keluarga dalam arti luas.

Sehingga saya sangat mengharapkan agar peringatan semacam ini bukan semata-mata merupakan kegiatan rutin tahunan saja. Juga bukan merupakan kegiatan yang hanya sarat dengan acara seremonial sesaat saja, kemudian setelah itu tidak ada lagi gaungnya. Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, haruslah selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi beru pada setiap gerak langkah dan kridanya Gerakan PKK. 

Semangat yang menggelora itu harus senantiasa kita miliki, karena Tim Penggerak PKK sebegai mitra kerja Pemerintah haruslah mampu menyelaraskan dengan kebijakan Program Pemerintanh. Pola pendekatan penggerakan peran serta masyarakat yang menjadi ciri khas Tim Penggerak PKK dalam berbagai aspek pembangunan, merupakan modal sosial yang sungguh besar artinya. 

Dalam Sambutan Bupati Belitung yang diwakili oleh Staf ahli bidang Administrasi Umum. Bapak Warsito.
Negara dan bangsa yang besar merupakan kumpulan-kumpulan dari berbagai organisasi sampai ketingkat perkumpulan keluarga. 

Untuk itu Ketua Umum TP PKK Pusat juga menekankan bahwa keluarga merupakan inti dari pembangunan bangsa. 

Dijaman sekarang ibu-ibu selain sebagai pendamping suami, kepala rumah tangga juga di harapkan mampu membantu suami dalam memenuhi kebutuhan dan ekonomi keluarga. Selain itu agar ibu-ibu juga bisa menjadi istri yang menyenangkan bagi suami.

Ibu sebagai guru pertama bagi anak-anaknya juga diharapkan mampu mendidik anak dengan baik. Ibu sebagai pencari nafkah tambahan buat keluarga diharapkan dapat memanfaatkan 10 Program Pokok TP PKK yang salah satunya dibidang keterampilan.
 
Kegiatan dilanjutkan Pemotongan Tumpeng, Pemotongan Kue, Foto bersama, Hiburan Tari Campak, PemberianiY penghargaan kepada ibu yang memberikan asi eksklusif kepada anak, Pemberani penghargaan kepada kader posyandu yang mengabdi lebih dari 20 tahun,

Hiburan nyanyi dari Ibu-ibu TP PKK Kecamatan Badau, Pemberian penghargaan pemenang lomba tingkat provinsi, Kabupaten dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) ke 50 tahun 2022. Hiburan dari Kader TP PKK Kecamatan Sijuk dan Makan siang bersama.

(Rls Pendim/Andri S)



×
Berita Terbaru Update