Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Toba Serahkan Bantuan Penyediaan Rumah Swadaya, BLT dan BST BBM

Rabu, 14 September 2022 | September 14, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-14T15:37:45Z

PEWARNA PUBLIK TOBA,- Bupati Toba, Poltak Sitorus kembali menyerahkan Buku Tabungan Bantuan Stimulan Penyediaan Rumah Swadaya Pra Sejahtera. Kali ini untuk 15 Kepala Keluarga penerima manfaat di Desa Siantar Utara (Siruar), Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Selasa (13/9/2022).

"Harapan kita lewat bantuan ini menolong amang inang (red: Bapak/Ibu) di situasi yang sulit saat ini dimana harga-harga naik, inflasi kita sedang menaik saat ini," kata Bupati Poltak Sitorus didampingi Plt. Kadis Perkim dan Camat Parmaksian Ronald Sirait dalam kata bimbingan dan arahannya dihadapan warga penerima manfaat dari desa yang berlokasi persis di dekat PT Toba Pulp Lestari (TPL) ini.

Menurut Bupati Poltak, bantuan sebesar Rp35 juta per unit rumah yang bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten T.A 2022 ini tentu tidaklah cukup. Maka harus ada dibantu. Selain menyediakan biaya tambahan juga bisa dengan bergotong royong.

Ia menjelaskan bahwa dulu dalam sejarah Batak Toba, masyarakatnya bergotong royong dalam pembangunan ruma (red; rumah) Adat Batak.

Selain itu, ia juga mengatakan rumah yang layak harus didukung akses jalan dan sarana air minum.

Dipaparkan juga jumlah rumah di Kabupaten Toba ada sebanyak 47.722 unit dan yang layak huni 37.278 unit. Rumah tidak layak huni sebanyak 10.044 atau sebesar 21,89%.

Jadi 15 KK warga Dusun Siruar Desa Siantar Utara, saat ini menerima adalah orang-orang atau keluarga yang beruntung dari jumlah 10.044 unit rumah tersebut.

Ia mengajak warga bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah yang menyediakan bantuan stimulan ini. Soal pertanian, bupati pun mengulang ajakan supaya warga petani menyukseskan gerakan tanam dua kali panen dua kali asa mamora hita (red: agar kita kaya/sejahtera).

Untuk mengatasi kelangkaan pupuk, Pemkab Toba melalui Dinas Pertanian Kabupaten Toba akan membuat pelatihan pembuatan pupuk organik.

Sebelumnya Kepala Desa Siantar Utara, Pargaulan Marpaung menjelaskan bahwa kegiatan kali ini selain memberikan bantuan bedah rumah kepada 15 penerima juga dirangkai dengan pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebesar Rp 300.000/KK untuk masing-masing 97 orang, dan Bantuan Sosial Tunai (BST) Provinsi sebesar Rp500.000/KK untuk 60 orang.

Diinformasikan juga kepada bupati, bahwa di Desa Siantar Utara ada jalan hampir putus akibat longsor, dan untuk penanganan sementara masyarakat desa sudah bergotong royong.

Kemudian kepada pihak TPL, pemerintah desa sudah meminta bantuan besi jerjak untuk penanganan jalan yang kena bencana longsor.

Hal lainnya ada dua unit rumah bedah dengan sumber bantuan PT inalum, kini tinggal menunggu rekomendasi Bupati Toba. Demikian juga dengan pembangunan cek dam yang belum terealisasi di desa yang mengandalkan hasil bumi pertanian ini.

Selanjutnya Plt. Kadis PRKP Tagor Siburian dalam laporannya mengatakan bantuan bedah rumah ini adalah yang keempat kali dilaksanakan, dengan besaran bantuan Rp35 Juta per unit untuk 100 orang meliputi Kecamatan Balige 50 unit, Laguboti 15 unit, Porsea 20 unit dan Parmaksian 15 unit.

Pemberian Buku Tabungan Bedah Rumah telah sejak 2 Juli 2022 di Kecamatan Habinsaran meliputi Wilayah Kecamatan Habinsaran, Borbor, dan Nassau sebanyak 95 unit. Kedua, 3 Juli 2022 di Laguboti meliputi Kecamatan Tampahan, Siantar Narumonda, Silaen, dan Laguboti sebanyak 137 unit, dan 13 Juli 2022 di Kecamatan Sigumpar meliputi Kecamatan Sigumpar, Laguboti, dan Siantar Narumonda sebanyak 59 unit.

Sebagai tanda suka cita dan ucapan terima kasih atas kunjungan kerja Bupati Toba Poltak Sitorus, atas nama warga Desa Siantar Utara Op. Poltak Marpaung memberikan cindera mata berupa Ulos Batak kepada Bupati Poltak Sitorus.

Menariknya, pada acara ini juga diisi dengan persembahan tarian Tortor Kreasi Batak Naraja dari SD Yayasan Bona Pasogit Sejahtera dan SD Negeri Siruar.

Turut hadir unsur Muspika, perwakilan perusahaan di antaranya Lambas Sianipar dari PT Inalum, Jerry Tobing mewakili PT TPL, pihak Bank Sumut, Kantor Pos,Sekcam Parmaksian M.Yamin Lubis, Plt. Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno P. Samosir.

[Tohap Simaremare]
×
Berita Terbaru Update