Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Laksanakan Istruksi Kapolres Samosir, Polsek Simanindo Turun ke Peternak Sosialisasikan Penyakit Mulut dan Kuku Hewan Ternak

Minggu, 15 Mei 2022 | Mei 15, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-16T00:26:18Z
PEWARNA PUBLIK SAMOSIR, - Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH memberikan instruksi kepada para personil nya khusus nya kepada personil Bhabinkamtibmas yang ada di Polsek Polsek agar memberikan arahan tentang Virus Penyakit Mulut Kuku (PMK) kepada para pemilik ternak yang ada di kabupaten Samosir.
Instruksi tersebut disampaikan melalui Kabag Ops Polres Samosir Kompol Lengkap Suherman Siregar SH, agar disampaikan ke personil Polres. Instruksi tersebut dilanjutkan kepada personil Bhabinkamtibmas. Minggu 15 Mei 2022

Adapun tujuan dari Instruksi tersebut adalah agar para pemilik ternak yang ada di kabupaten Samosir dapat menjaga, memperhatikan kesehatan ternak nya. Dimana Virus (Penyakit Mulut Dan Kuku ( PMK ) sudah menjangkiti hewan diberbagai daerah di Indonesia.

Guna melanjutkan Instruksi dari Kapolres Samosir, Bhabinkamtibmas Polsek Simanindo yang diikuti juga personil dari polsek-polsek lainnya, sejajaran polres Samosir, turun langsung ke desa desa menemui para pemilik ternak, baik itu ternak Sapi, lembu, kerbau Kambing, Domba dan babi.

"Penyakit Mulut Kuku (PMK ) tidak mematikan hewan ternak yang sudah dewasa. Tetapi untuk hewan yang masih muda, Penyakit Mulut Kuku (PMK) bisa menjadi sangat serius dan dapat menimbulkan kerugian produksi yang sangat tinggi dan kerugian juga buat para peternak yang ada di kabupaten Samosir," Ucap Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH Via WhatsApp nya.

Lebih lanjut Kapolres Samosir menuliskan bahwa Personil Bhabinkamtibmas yang turun ke desa-desa, agar dapat menyampaikan kepada pemilik hewan ternak, guna menjaga kebersihan hewan ternak, maupun tempat berdiam hewan ternak, dan jika dilepas keladang atau persawahan juga harus dipantau baik pakan ternak nya juga harus dipantau.

Atas dasar instruksi dari Kapolres Samosir tersebut, Personil Bhabinkamtibmas polsek Simanindo turun langsung menemui para peternak yang ada di desa-desa. Minggu 15 Mei 2022 Personil Bhabinkamtibmas Polsek Simanindo, mengunjungi, desa Parmonangan, desa Garoga dan desa Maduma.

Dalam kunjungan Personil Bhabinkamtibmas kepada para peternak yang ada di desa, Personil Bhabinkamtibmas akan menjelaskan bahwa Penyakit Mulut Kuku (PMK) disebabkan Virus dan sangat menular. serta gejala yang tampak pada ternak seperti, demam, blister di mulut dan kaki hewan ternak, dan air liur kental.

"Guna mencegah Virus PMK ini, Pemerintah Indonesia, melalui departemen kesehatan juga, sedang berusaha untuk mendapatkan vaksin dari luar untuk diimpor ke Indonesia. Dimana virus ini sudah menyebar diberbagai wilayah indonesia," Ujar Kapolres Samosir menambahkan.

Dalam kunjungan Personil Bhabinkamtibmas Polsek Simanindo ke para peternak yang ada di desa-desa. Salah seorang pemilik ternak Lamhot Rumahorbo yang ditemui personil Bhabinkamtibmas mengucapkan terimakasih kepada kapolres Samosir dan jajaran atas perhatian kepada para pemilik dan peternak hewan.

"Terimakasih buat Bapak Kapolres Samosir dan juga buat bapak bhabinkamtibmas yang sudah perduli dengan hal seperti ini. Salut buat kepolisian, sudah peduli sampai tentang hewan peliharaan ternak kami, Dimana beternak hewan ini juga salah satu yang menjadi mata pencaharian kami,, Sekali lagi kami ucapkan terima kasih" Ucap Lamhot Rumahorbo salah satu pemilik ternak pada personil Bhabinkamtibmas Polsek Simanindo.

Ucapan terimakasih yang disampaikan salah satu Pemilik ternak tersebut kepada personil Bhabinkamtibmas Polsek Simanindo atas perhatian pihak polres Samosir, dimana personil yang turun langsung menjumpai masyarakat guna memberi penjelasan akan Virus Penyakit Mulut Kuku ( PMK ) disampaikan Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH.
(Humas polres/ Tampu29)
×
Berita Terbaru Update