Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

GADIS PUTRI SIBORONGBORONG SUMUT MASUK FINALIS PUTRI 22 BESAR PUTRI OTONOMI INDONESIA(POI) 2022

Senin, 30 Mei 2022 | Mei 30, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-30T13:24:42Z
PEWARNA PUBLIK TAPUT, - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menggelar seleksi Finalis Putri Otonomi Indonesia (POI) di Bogor yang diikuti putri-putri terbaik dari pemerintah kabupaten di seluruh Tanah Air.

Direktur Eksekutif Apkasi, Sarman Simanjorang dalam keterangan yang diterima, (15/5 s/d 17/5-2022) menjelaskan seleksi POI 2022 diikuti oleh 35 peserta yang lolos penyaringan administratif dari sekitar 100 peserta yang berminat mendaftar. 

“Mereka diuji kembali selama dua hari,sebelumnya mereka akan menjalani berbagai workshop singkat untuk mengasah keterampilan dan pembekalan wawasan khususnya tentang Apkasi," katanya.

Panitia juga menjelaskan bahwa POI sendiri merupakan nama baru yang disematkan pada event tahunan yang sebelumnya dikenal dengan Putri Otonomi Daerah (POD). 

“Pada 2020 kita tidak menyelenggarakan karena COVID-19. Berbeda dengan POD yang pelaksanaannya menjadi bagian dari hajatan Apkasi Otonomi Expo," katanya. 

Pelaksanaan POI ini dilepas dari pameran tersebut namun masih menjadi bagian kegiatan perayaan hari jadi Apkasi. Tujuannya, pemenang nanti sudah bisa langsung bertugas di event tahunan expo Apkasi.

POI 2022 yang kini memasuki tahap seleksi, masih menurut Sarman, akan dipilih 20 besar. Mereka akan diberikan waktu beberapa hari untuk berinteraksi di media sosial dengan berbagai penugasan dari dewan juri. 

“Dari 20 besar ini nanti akan dipilih 12 besar yang akan dikarantina hingga puncaknya akan dipilih para pemenangnya di malam syukuran HUT ke-22 Apkasi pada 18 Juni 2022 di Bogor,” imbuhnya. 

Selain itu tertuju tugas dan fungsi Putri Otonomi Indonesia, mereka nantinya akan menjadi Duta Apkasi dalam mempromosikan berbagai potensi unggulan dari daerah seperti Pariwisata, Investasi, Komoditi unggulan, maupun peluang investasi.

Selain itu menjadi duta dari program Pemerintah yang tercermin dari 7 Duta pemenang Putri Otonomi Indonesia(POI)2022 dan ketika mereka nantinya akan menjadi penyambung lidah Apkasi dalam menggelorakan semangat Otonomo Daerah serta isu strategis daerah dan kemandirian daerah, terutama dikalangan milinial.

Dari data panitia yang diperoleh media Wahana News Sumut, ke 35 Putri  yang akan mengikuti seleksi finalis POI 2022 diantaranya dari Kabupaten Tangganus, Tanggerang, Tanah Laut, Bogor, Bandung Kota Waringin Timur, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara,Minahasa,Morowali Utars, Musirawas, Sukabumi, Deliserdang.

Selain itu Blitar, Bangka Selatan, Demak, Nganjuk, Sukoharjo, Banggai laut, Kebumen, Darmasray, Peringsewu, Karo, Buruselatan, Malaka, Bayumas, Empatlawang, Serang, Serdangbedagai, Purwerojo, Lampungtengah, Jepara, Lamongan dan Karanganyer.

Gresita Fenny Yohana Siahaan tercatat sebagai finalis Putri Otonomo Indonesia(POI)mewakili Kabupaten Tapanuli Utara,Provinsi Sumatera Utara, Putri kelahiran Kecamatan Siborongborong Jalan Balige Kelurahan Pasar Siborongborng telah lolos seleksi 22 besar Finalis Putri Otonomi Indonesia 2022 tingkat Nasional, Gresita putri dari Pdt.B Siahaan, Ibu M.br.Tampubolon.

Awak media menghubungi Gresita di Bandara Internasional Silangit Senin 30 Mei 2022,pukul 15.16 Wib,diketahui 35 finalis yang lolos seleksi diberi kesempatan pulang kedaerah masing-masing sampai menunggu waktu untuk mengikuti seleksi Finalis 15 s/d 17 Juni 2022 dengan pengumuman pemenang Saptu 18 Juni 2022 di Bogor.

Gresita mengatakan terimakasih buat bapa saya Pdt. B Siahaan dan Ibu M. br. Tampubolon yang selalu mendoakan anak-anaknya,apalagi buat saya yang sedang mengikuti POI 2022,juga terimakasih buat dukungan Bapak Bupati Tapanuli Utara Drs.Nikson Nababan dan Ibu Satika Simamora didamping Kadis Pariwisata Yunus CH. Hutauruk pada 20 April 2022, saya diberangkatkat dari Rumah Dinas Bupati, dan seluruh biaya saya dalam mengikuti seleksi Finalis Putri Otonomi Indonesia 2022 tingkat Nasional ditanggung Pemerintah Tapanuli Utara.

Sarman juga menyebutkan gelar POI 2022 akan terdiri dari; Pemenang Putri POI 2022, Pemenang Runner-up 1-3, Pemenang Favorit dan ada 7 Duta Apkasi untuk masing-masing kategori, di antaranya; Keluarga Berencana, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Investasi, Lingkungan Hidup, 4 Pilar Kebangsaan, Anti Narkoba dan Energi Terbarukan.

Terkait tugas dan fungsi Putri Otonomi Indonesia, Sarman menyebutkan, mereka nantinya akan menjadi Duta Apkasi dalam mempromosikan berbagai potensi unggulan dari daerah; seperti pariwisata, investasi, komoditi unggulan maupun peluang investasi. 

Selain itu menjadi duta dari program pemerintah yang tercermin dari 7 duta pemenang POI dan ketiga mereka nantinya akan menjadi penyambung lidah Apkasi dalam menggelorakan semangat otonomi daerah serta isu strategis daerah dan kemandirian daerah, terutama di kalangan milenial.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Mely Kamelia menyambut baik inistiatif Apkasi yang memilih Kabupaten Bogor sebagai tuan rumah tempat pelaksanaan pemilihan POI 2022. 

“Dari sudut pandang pemerintah daerah, kami melihat ajang pemilihan Putri Otonomi Indonesia mampu menunjukkan sisi lain wajah otonomi daerah yang selama dipandang sebagai hal yang kaku,” imbuhnya. 

Dengan kehadiran Putri Otonomi ini, sebut Mely warnanya menjadi lain, dan dari sisi birokrasi sangat merasakan manfaat hadirnya seorang Putri yang bisa memperhalus penyampaian visi dan misi pemerintah kabupaten dengan cara berbeda. 

Ia menambahkan, “Mereka bisa lebih luwes dan mudah diterima di kalangan masyarakat maupun bisa mengangkat citra baik di media sosial. Kami sepakat bahwa kehadiran Putri Otonomi Indonesia ini bisa dioptimalkan perannya untuk memperkenalkan berbagai potensi unggulan di masing-masing kabupaten mulai dari komoditas unggulan, destinasi wisata maupun peluang investasi.”   

Dari data panitia, ke-35 yang akan mengikuti seleksi finalis POI 2022 di antaranya dari kabupaten: Tanggamus, Tangerang, Tanah Laut, Bandung, Bogor, Kota Waringin Timur, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Minahasa, Morowali Utara, Musi Rawas, Sukabumi, Deli Serdang.

Selain itu Blitar, Bangka Selatan, Demak, Nganjuk, Sukoharjo, Banggai Laut, Kebumen, Dharmasraya, Pringsewu, Karo, Buru Selatan, Malaka, Banyumas, Empat Lawang, Serang, Serdang Bedagai, Purwerojo, Lampung Tengah, Jepara, Lamongan dan Karanganyar.
×
Berita Terbaru Update