Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

BUPATI TOBA Ir.POLTAK SITORUS GENJOT INFRASTRUKTUR UNTUK KEBANGKITAN EKONOMI DAERAH TOBA

Kamis, 19 Mei 2022 | Mei 19, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-19T15:34:18Z
PEWARNA PUBLIK TOBA, - Bupati Toba Poltak Sitorus mengedepankan pembangunan infrastruktur untuk kebangkitan ekonomi demi kemajuan daerahnya. Dengan infrastruktur, maka sektor andalan Toba di bidang pariwisata , pertanian, dan peternakan, juga akan berkembang.

"Dengan adanya peningkatan insfrastruktur maka seluruh sektor akan terus berkembang," kata Poltak Sitorus saat penjurian Indonesia Visionari Leader (IVL) 2022 yang digelar MNC Portal Indonesia (MPI) di Gedung SINDO, Jakarta, Kamis (19/5/2022).

Dia melanjutkan, salah satu sektor yang menjadi fokus pengembangan adalah pariwisata. Dengan pengembangan infrastruktur diharapkan sektor pariwisata kembali menggeliat. Mengingat Toba jadi kawasan pariwisata yang unggul dan sebagai destinasi super prioritas.

Saat ini Pemkab Toba telah menerapkan QR Code lokasi wisata, e-Booklet wisata, memanfaatkan vlogger mempromosikan tempat wisata.

Menurut Poltak Sitorus, Toba memiliki budaya dengan ciri khas sendiri. Selain itu, ada sejumlah destinasi yang menarik dikunjungi seperti Lumban Bulbul, Pasir Putih Parparean, Pangkodian Balige, Pardinggaran Laguboti, Hatulian, Panatapan Bukit Tarabunga, Desa Adat Ragi Hotang, Batu Basiha, Air Terjun Situmurun dan Panorama Meat.

Pengembangakan pariwisata dilakukan melalui pembangunan gazebo, jalan setapak, kios kuliner, toilet dan balai kesenian di tempat wisata. "Kami menargetkan pasca pandemi 1.000.000 kunjungan datang ke Toba, dan kami mencatat jumlah kunjungan wisatawan pada saat libur Hari Raya 2022 kemarin mencapai 149.563 orang," katanya.

Sedangkan sektor pertanian, pihaknya juga mengembangkan sistem pertanian seperti padi, kopi dan juga produk pertanian lainnya. Dia menegaskan, untuk memajukan para petani, pihaknya meminta para petani melakukan MOU dengan para pemilik hotel dalam pemanfaatan hasil tani.

"Misalnya kalau beras mereka bisa memakai produk lokal. Begitu juga dengan kopi, di mana ada produk Arabika Toba yang sedang dikembangkan," katanya. Diharapkan dengan begitu, para petani bisa berpenghasilan tinggi.

Untuk diketahui, MNC Portal Indonesia menggelar Indonesia Visionary Leader (IVL) 2022 dengan mengusung tema Sinergi Pemerintah Daerah untuk Percepatan Ekonomi. Pada kegiatan itu, para pimpinan daerah diuji memaparkan program percepatan pemulihan ekonomi di daerahnya masing-masing, bagaimana setiap daerah memaparkan strategi dan inovasi dalam mendorong pemulihan ekonomi.

Pada even kali ini para kepala daerah yang masuk ke dalam nominasi diharapkan memaparkan Strategi Percepatan Ekonomi di hadapan para juri yang terdiri dari Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) Prof Dr Budi Frensidy, Ketua Pembina Indonesia Institute For Corporate Directorship (IICD) Ir Andi Ilham Said, Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute dan Pakar Komunikasi Politik UIN Jakarta Dr Gun Gun Heryanto. Setelah babak penjurian ini, para juri akan berdiskusi menentukan siapa kepala daerah yang paling visioner.
[Tohap Simaremare]
×
Berita Terbaru Update