Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wisata Alam tersebut bernama Garumedang

Jumat, 08 April 2022 | April 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-08T17:39:00Z
Melanie Subondo Sampan dari Kayu oleh pengayuh sampan dengan pakaian tradisional penambang timah Cina jaman dahulu, Chong Sam

PEWARNA PUBLIK BELITUNG TIMUR, - Garumedang merupakan kawasan di Belitong timur yang terletak di Desa Sukamandi Kecamatan Damar Belitung Timur. Sabtu (08/04/2022)

Garumedang mulanya dikenal sebagai kawasan penghasil gaharu yang terkenal di nusantara bahkan dunia berdasarkan laporan George Rumphius tahun 1741 dalam catatannya di Herbanium Amboinese. Semenjak di temukan timah alluvial yang kaya di Garumedang dimulai dari tahun 1851 dan penambangan dimulai tahun 1863, perlahan-lahan kawasan Garumedang mulai berubah menjadi kawasan pertambangan dan menjadi primadona selama berabab- abad.

Veri Yadi selaku pemilik Geosite mengatakan, "Namun, Garumedang tetap lah mempesona. Selain menyimpan nama besar penghasil gaharu terbaik di nusantara dan timah, Garumedang saat ini tengah bersolek menjadi kawasan wisata alam dengan penekanan kepada warisan geologi dunia, konservasi dan edukasi. Kehadiran Garumedang Tektites Geosite merupakan upaya untuk memperkenalkan kejayaan Garumedang masa lalu serta kekayaan geologi berupa satam (Billitonite).

Veri juga menambahkan Konsep pembangunan wisata berbasis warisan geologi dinia dikenal dengan satam, kemudian dikemas dengan memperkuat aspek konservasi dan edukasi. Kawasan bekas tambang yang meninggalkan bekas lubang yang terisi air, menjadi pemandangan yang indah (Viewpoint) yang merupakan syarat yang harus dimiliki suatu geosite. Lubang bukaan yang dikenal dengan kolong memiliki menjadi habibat
ikan air tawa" ucapnya
habitat ikan air tawar. Ikan seperti linggang (clarias nieuhofii) merupakan sajian makan utama yang menguatkan aspek GeoFood dan GeoGastronomi. Dengan makanan, GTG mampu menghadirkan cerita geologi melalui kehadiran linggang 30 juta tahun lalu, proses evolusi terbesar 2,8 juta tahun yang diakibatkan dari menurunnya permukaan air laut di -20m dari posisi saat ini. Peristiwa ini menjadi samar antara air laut dan air tawar yang mengakibatkan evolusi tersebut"

Selain itu, GTG menawarkan atraksi yang merupakan poin utama dalam suatu geosite yang menguatkan terhadap kondisi bentang alam. Sunrisw di timur dan Sunset di barat dengan jarak 162m menjadi salah satu kekuatan atraksi GTG. Melani Subono saat menginap di GTG menyampaikan bahwa tempat ini bagus dimana sunset dan sunrisw dalam satu site. Dia juga menambahkan berlibur di GTG membuat fresh juga belajar banyak hal. Apa itu sejarah, budaya, keragaman hayati serta keunikan geologi yang dikemas dalam suatu atraksi"

(Andri S)
×
Berita Terbaru Update