Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kakanim Lhokseumawe Gelar' Rapat Persiapan Pelaksanaan Desa Binaan

Senin, 19 Februari 2024 | Februari 19, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-19T09:22:59Z


PEWARNA PUBLIK LHOKSEUMAWE ,- Senin (19/02/2024), Kepala Kantor, Usman, didampingi oleh Pejabat Struktural dan Pegawai dari Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, mengikuti giat Rapat Persiapan Pelaksanaan Desa Binaan Imigrasi secara Virtual melalui Zoom Meeting.

Giat dilaksanakan secara terpusat oleh Direktur Intelijen Keimigrasian beserta jajaran.

Desa Binaan Imigrasi Tahun 2024 memiliki sasaran terhadap masyarakat desa/kelurahan untuk memberikan informasi terhadap permasalahan keimigrasian antara lain TPPO/TPPM, pencegahan PMI Nonprosedural, wilayah perbatan dengan negara tetangga dan pemberian edukasi.

Merupakan salah satu upaya untuk penyebarluasan informasi, sosialisasi, dan untuk mengatasi permasalahan - permasalahan keimigrasian yang ada di Indonesia. Diperlukan pemeberian edukasi keimigrasian kepada masyarakat.

"Yang menjadi fokus dari Desa Binaan Imigrasi adalah Kemudahan Akses, Edukasi, Menjunjung HAM, dan Jaringan Informasi." Pungkas Usman.

Informasi yang nantinya akan disampaikan melalui Desa Binaan IMigrasi mencakup Informasi terkait TPPO/TPPM, tata cara memperoleh Paspor RI yang baik dan benar sesuai dengan Peraturan Perundang - Undangan, tata cara bepergian keluar Negeri bagi WNI, Informasi terkait perkawinan campur, Informasi terkait kewajiban WNI saat berada di luar negeri, dan sosialisasi keimigrasian terkait permasalahan dan pelaporan bagi WNA yang diketahui oleh masyarakat / kelurahan.


"Dalam melaksanakan pembinaan dan komunikasi terhadap desa yang dibina, akan ditunjuk Petugas Imigrasi Pembina Desa (PIMPASA) yang memiliki tanggung jawab terhadap desa binaan imigrasi tersebut." Tutup Usman.

PIMPASA memiliki tanggung jawab untuk melakukan pembinaan terhadap masyarakat, melakukan kegiatan upaya kerjasama/koordinasi, membimbing masyarakat untuk berperan aktif, mengumpulkan informasi, saran, dan pendapat dari masyarakat.  (Rdwn)

#KemenkumhamAceh
#MeurahBudiman
#DivimAceh
#UjoSujoto
×
Berita Terbaru Update