Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Toba Ajak Siswa Berprestasi Memotivasi Pelajar SMP

Jumat, 14 Juli 2023 | Juli 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-15T06:59:30Z


PEWARNA PUBLIK TOBA,-
Bupati Toba, Poltak Sitorus bersama dua siswa berprestasi yang mendapat bea siswa pemerintah kuliah ke luar negeri  memberikan motivasi belajar kepada pelajar  SMP Negeri 2 Balige di Soposurung, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba pada Jumat (14/7/2023) pagi. 

Bupati Poltak Sitorus yang juga didampingi  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba, Rikardo Hutajulu dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Toba, Sandy Sibuea.


Kedua siswa sebagai motivator  itu adalah Kevin Danuarta Siahaan, warga Soposurung, Balige. Kevin adalah alumni Yayasan TB Soposurung SMA Negeri 2 Balige dan Arman Syahputra Marpaung merupakan alumni SMA Unggul Del. Kevin akan melanjutkan pendidikan ke Universitas Teknologi Nanyang (Nanyang Technological University) di Singapura, sementara Arman akan melanjutkan pendidikan ke University of New South Wales (UNSW Sydney) Jurusan Electrical Engineering. 

Di hadapan 700-an siswa, Poltak Sitorus bersama Kevin dan Arman menyampaikan motivasi kepada para siswa. Termasuk berbagi pengalaman dan trik dalam belajar. 

"Salah satu cara terbaik dalam belajar adalah, upayakan bangun lebih cepat, pukul 5 atau bahkan pukul 4. Kemudian belajar 1 sampai 1,5 jam. Itu adalah waktu terbaik untuk belajar," ujar Arman di hadapan para siswa. 

Dirinya juga menyarankan agar para siswa rajin dan percaya diri mengikuti olimpiade untuk mendapat pengalaman dan teman-teman baru. 

"Semasa SMP saya rajin ikuti olimpiade hingga saya sampai di Yogyakarta. Di sana saya bertemu dengan anak-anak SMP se-Indonesia dan berbagi pengalaman dengan mereka," ujarnya. 

Saran yang disampaikan oleh Arman dibenarkan dan didukung oleh Kevin. Menurut Kevin, berdasarkan pengalamannya selama mengikuti seleksi untuk mendapat beasiswa ke luar negeri sangat membutuhkan sertifikat atau piagam penghargaan. 

"Semakin banyak sertifikat dan piagam penghargaan, itu semakin baik," ujarnya. 

Poltak Sitorus mengimbau agar para siswa SMP Negeri 2 Balige dapat menjadikan ke dua siswa berprestasi itu menjadi panutan dan teladan dalam menggapai cita-cita. 

"Berpikirlah dan carilah hal-hal yang baik supaya kamu bisa menggapai cita-cita mu," kata Poltak Sitorus kepada para siswa. 

Kepada awak media, Poltak Sitorus didampingi Kadis Rikardo Hutajulu dan Kepala Sekolah SMP Negeri 2, Tiarman Purba menyampaikan bahwa kedatangannya bersama dua siswa berprestasi tersebut ke SMP Negeri 2 adalah untuk memotivasi para pelajar.


 "Kita ke sini memotivasi para siswa dan guru. Agar melakukan perubahan, dimulai dari hal-hal kecil. Tetapi jika ini dilakukan terus-menerus, continue improvment, perbaikan secara terus menerus dalam segala hal," ujar Poltak Sitorus. 

Dirinya menegaskan, jika para siswa dapat bangun lebih cepat untuk belajar setiap hari akan memberikan dampak besar. 

"Jika kita dapat menularkan itu kepada seluruh siswa se-Indonesia ini, maka dampaknya akan sangat besar," lanjutnya. 

Selain kepada para siswa, Bupati Toba juga berdiskusi dengan para guru dan meminta seluruh guru agar mampu menemukan mata pelajaran yang paling disukai oleh siswa. Dirinya juga menyarankan agar guru selalu menyampaikan kata-kata bijak setiap pagi sebelum memulai mata pelajaran.

 "Lima menit sebelum memulai pelajaran agar menyampaikan kata-kata bijak. Karena motivasi itu sangat luar biasa, menggugah semangat kerja kerjas dan belajar para siswa," saran Poltak Sitorus mengakhiri pernyataannya.

(MC Toba/TH)
×
Berita Terbaru Update