Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Toba Memanggil Lewat Toba Joujou Festival

Jumat, 23 Juni 2023 | Juni 23, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-23T07:07:23Z


PEWARNA PUBLIK TOBA,-
Pemerintah Kabupaten Toba bekerjasama dengan Bank Indonesia  (BI) menggelar Toba Jou jou Festival selama tiga hari, terhitung sejak 23-25 Juni 2023  di Venue F1H2O Lapangan Sisingamangaraja XII Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara. 

"Terkait Toba Joujou Festival yang akan dilaksanakan pada 23-25 Juni, Pemkab Toba bekerjasama dengan pihak Bank Indonesia beserta kelompok-kelompok UMKM yang datang dari 16 Kabupaten wilayah binaan BI Cabang Sibolga," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Toba, Augus Sitorus di lokasi venue , Kamis (22/6/2023).

Dalam festival ini, Pemkab Toba juga melibatkan  BPODT dan seluruh pegiat UMKM terkhusus yang ada di Kabupaten Toba dan wilayah tetangga. Tak hanya itu, keterlibatan para pelaku UMKM ini juga bertujan untuk membangun sektor pariwisata yang inklusif serta sosialisasi digitalisasi elektronik.


 "Pemkab Toba bersama Bank Indonesia juga melibatkan BPODT dan seluruh pegiat UMKM terkhusus yang ada di Kabupaten Toba dan wilayah-wilayah  tetangga kita, untuk terlibat turut serta membangun sektor pariwisata yang inklusif untuk meningkatkan kecepatan di bidang digitalisasi transaksi elektronik, baik pemerintah maupun di tengah-tengah masyarakat dalam rangka pembentukan ekosistem digitalisasi yang ada di Indonesia ini," lanjut Sekda Augus. 

Tidak hanya pelaku UMKM, Pemkab Toba juga mengundang Menteri Parekraf, Gubernur Sumut dan Sihar Sitorus selaku anggota DPR RI Komisi XI yang membidangi dunia perbankan.

 "Ini sengaja kita undang supaya kita laksanakan di Kabupaten Toba, karena kita tahu bersama bahwa Kabupaten Toba salah satu DPSP (Daerah Pariwisata Super Prioritas) yang ditetapkan oleh pemerintah, untuk itu kita harus bersinergi mendukung sektor pariwisata ini agar pertumbuhan ekonomi kita juga bisa cepat berkembang dan juga mencegah inflasi di Kabupaten Toba ini," ujarnya lagi. 

Disinggung soal kegiatan yang akan digelar selama tiga hari pelaksanaan Toba Jou jjou Festival, Sekda menyebut akan ada berbagai kegiatan, termasuk festival kopi dari berbagai UMKM binaan BUMN, BUMD maupun swasta. Nantinya para pelaku UMKM ini akan diberi pembinaan bagaimana mereka dapat bersaing secara kompetitif untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan mereka, serta menilik potensi lain seperti padi, jagung dan tenun. 

Ada juga kegiatan Lomba Fotografi, Launching aplikasi e-commerce lokal Pemkab Toba yang bisa diakses melalui kreatif.tobakab.go.id.

"Selain itu nanti juga akan ada dilakukan fashion show untuk anak-anak juga yang dewasa, dan kita juga mengundang artis-artis terkenal selama 3 hari ini menghibur masyarakat sekaligus mengajak masyarakat para pelaku UMKM supaya membiasakan melaksanakan transaksi non tunai," sambung Augus Sitorus. 

Pada kesempatan itu, dirinya juga mengajak seluruh masyarakat Toba untuk hadir dalam Toba Joujou Festival untuk menikmati beragam hiburan dan mengetahui program-program yang akan disampaikan oleh BI melalui talkshow, dan memberikan informasi-informasi untuk melakukan pengembangan-pengembangan kepariwisataan dan juga digitalisasi keuangan. 

"Meski yang hadir artis terkenal, tidak ada karcis masuk. Ini gratis," ujarnya mengakhiri. 

(MC Toba/ Tampu29)
×
Berita Terbaru Update