Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Samosir bersama Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna se-Indonesia (PSBI) lakukan Napak tilas

Senin, 26 Juni 2023 | Juni 26, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-26T08:03:30Z


PEWARNA PUBLIK SAMOSIR,- 
Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna se-Indonesia (PSBI) Effendi MS Simbolon serta Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga melakukan kegiatan Napak Tilas dan memperkenalkan kepada punguan Simbolon akan  Dolok Simbolon  yang berada di kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, Minggu (25/6/.2023).

Turut hadir mendampingi Bupati Samosir dalam kegiataan tersebut, Staf Ahli Bupati Samosir Hut Isasar Simbolon, Asisten III Waston Simbolon, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kadis Pariwisata Tetty Naibaho.Kegiatan Napak Tilas merupakan rangkaian dari agenda Rapat Kerja Gabungan Wilayah (RAKERGABWIL) PSBI Tahun 2023 yang berlangsung selama 2 hari dari tanggal 25-26 Juni 2023 di Sapadia Hotel Pematang Siantar. Bupati Samosir bersama Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna se-Indonesia (PSBI) lakukan Napak tilas


Napak Tilas yang dilaksankan atas Gagasan Ketum PSBI yang bertujuan  untuk menggelorakan semangat tinggi generasi penerus guna menjaga harkat dan martabat leluhur, Sekaligus dalam rangkaian kegiatan REKERGABWIL. Kegiatan Napak tilas dilaksankan di mulai dari Jalan Simbolon Pematang Siantar menuju kampung Dolok Simbolon Kabupaten Simalungun yang di ikuti oleh pengurus PSBI pusat dan 96 pengurus PSBI wilayah se-Sumatera Utara.

Ketum PSBI Effendi MS Simbolon dikesempatan tersebut menyampaikan bahwa kehadirannya dalam kegiatan  napak tilas di Gunung Simbolon bukan untuk mengklaim atau mengakui Dolok Simbolon sebagai tanah leluhurnya.

“Ini milik kita semua bangsa Indonesia. Jadi yang kami lakukan adalah memberikan apresiasi kepada masyarakat Simalungun yang telah menerima leluhur kami hadir di Nagori Dolok Simbolon,” Ujar.Ketum PSBI Effendi MS Simbolon dalam sambutannya 

Lebih lanjut Ketum PSBI juga mengajak kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga keberagaman dan kebersamaan. Dan dapat  melihat kegiaatan sebagai putra putri Bangsa Indonesia yang penuh keberagaman, dan juga  tidak lupa mengucapkan terimakasih, Dimana kehadirannya disambut dengan baik oleh masyarakat, melalui Bupati Simalungun.

“Kami berharap apa yang menjadi keinginan Bupati Simalungun dapat di dengar langsung oleh presiden, sehingga Simalungun ini dapat di perbaiki dan dibangun menjadi lebih baik,” Ujar Effendi MS Simbolon lebih lanjut

Bupati Samosir Vandiko T Gultom dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas kegiatan napak tilas, dimana hal ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya batak.Bupati Samosir juga menyampaikan bahwasanya Kabupaten Samosir merupakan titik nol peradaban Batak.

* Kabupaten Samosir yang merupakan titik nol peradaban Batak, Dan Saya merasa senang dan bangga dimana  kampung Simbolon ternyata ada di Kabupaten Simalungun. Oleh karena itu Saya berharap kepada Bupati Simalungun agar kiranya berkenan untuk bersama  sama menjaga situs budaya Batak yang ada di Nagori Dolok simbolon Kecamatan Tapian Dolok" Ucap Bupati Samosir Vandiko T Gultom dalam sambutannya.

 (Kominfo/ Tampu29)
×
Berita Terbaru Update