Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rumah Sakit Kabupaten Samosir Raih AKREDITASI Maksimal Bintang Lima.

Selasa, 04 April 2023 | April 04, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-04T15:25:20Z




Pewarna Publik, Samosir,
Menurut Hasil penilaian tim Akreditasi yang dilaksanakan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), RSUD dr. Hadrianus Sinaga berhasil meraih Akreditasi terbaik Untuk prestasi,  pada penilaian akreditasi pertama tahun 2017  hanya meraih bintang satu (Perdana), dan tahun 2023 melompat dengan hasil yang maksimal dengan meraih akreditasi bintang 5 dan merupakan akreditasi tertinggi pertama kalinya dalam Sejarah. Penilaian dilaksanakan per tiga tahun, namun akibat pandemi Covid 19, RSUD Hadrianus masih tetap menyandang akreditasi perdana hingga diadakan akreditasi tahun 2023.
Yang disampaikan kepala RSUD Hadrianus Sinaga, Iwan H. Sihaloho  Pangururan Senin 03/04/2023.

Akreditasi merupakan kewajiban bagi Rumah Sakit dan merupakan penilaian pemerintah melalui lembaga Independen. Pada RSUD dr. Hadrianus Sinaga, Peningkatan mutu pelayanan, keselamatan pasien dan petugas berjalan dengan baik sehingga mendapat hasil yang maksimal dan dihargai dengan  Akreditasi Paripurna (Bintang lima).

Kepala RSUD Hadrianus Sinaga Iwan H. Sihaloho didampingi Ketua tim Akreditasi RSUD dr. Hadrianus Sinaga,  dr. Rotua Sitanggang dan Kepala Bagian TU Berman Situmorang menjelaskan penilaian secara daring dilakukan selama 2 hari pada tanggal 18-19 Maret 2023 oleh tim Independen KARS yang merupakan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan RI. Selanjutnya penilaian secara luring  oleh KARS terhadap RSUD dr. Hadrianus Sinaga dengan telusur secara langsung di unit pelayanan menurunkan 2 (dua) orang tim surveyor yaitu dr. Lubuk Paindoan Saing, SpA, FisQua dan dr. Flora Maya Damanik, MARS, FisQua. 

Terdapat 16 Pokja yang menjadi dasar kriteria penilaian, namun yang paling menonjol adalah prognas (program nasional ) yang harus  mencapai target sempurna 100 %. Prognas tersebut diantaranya, Peningkatan kesehatan ibu dan bayi, Penurunan angka kesakitan Tuberkulosis/TBC, Penurunan angka kesakitan HIV/AIDS, Penurunan prevalensi stunting dan Pelayanan Keluarga Berencana. Selain itu, tim surveyor secara luring menilai mutu pelayanan (keselamatan pasien dan petugas), dokumen/dokumentasi, SOP, termasuk sarana dan prasarananya. Keberhasilan tersebut didukung oleh  Pemkab dan seluruh stakeholder.

Iwan Sihaholo menyebutkan, keberhasilan tersebut akan menjadi pegangan dalam peningkatan pelayanan dirumah sakit. "Kami akan mempertanggung jawabkannya kepada masyarakat dengan  memberikan pelayanan yang terbaik. Kami siap memberikan pelayanan dan siap diberi kritik yang membangun, dengan harapan kami melayani secara maksimal, dapat melayani dengan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Samosir" kata Iwan. 

Dipesankan agar seluruh masyarakat Kabupaten Samosir  supaya jangan pernah ragu datang berobat ke RSUD dr. Hadrianus Sinaga, terlebih setelah Pemkab Samosir mencapai UHC. Dengan UHC, Iwan yakin masyarakat tidak ragu lagi untuk berobat. "Dengan segala fasilitas RSUD, Kami siap melayani bapak/ibu.Kami siap memberikan pelayanan terbaik kami demi peningkatan kesehatan masyarakat Samosir, itu akan menjadi Komitmen kami" ungkapnya sambil mengakhiri.
( Simbolon Slow)
×
Berita Terbaru Update