Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Berkantor Di Desa Huta Hotang Bupati Vandiko Disambut Baik Masyarakat

Kamis, 27 April 2023 | April 27, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-27T16:45:24Z




Samosir - Dalam kunjungan pelayanan kepada Masyarakat Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama Kepala Desa serta perangkat Desa di Desa Huta Hotang, Kecamatan Onanrunggu, 27/04/2023.

Berbagai usaha dilakukan dalam memaksimalkan pelayanan, Bupati Samosir mengajak pemerintah desa Huta Hotang untuk bersama-sama melayani, guna membantu pelayanan kepada masyarakat.

Dalam program Bunga Desa ini, Bupati Samosir membawa berbagai pelayanan gratis, diantaranya pelayanan pengurusan Adminduk, pengurusan izin berusaha, penyuluhan stunting, pengobatan gratis, pengurusan BPJS, pelayanan KB. Juga menyerahkan bantuan pendidikan kepada siswa berprestasi. Menyediakan layanan konsultasi pertanian serta memberikan bantuan pupuk organik kepada 7 kelompok tani. Memberikan pelatihan pembuatan pupuk kompos cair (biosaka, ecoenzyme). Selain itu, Bupati Samosir mengerahkan alat berat guna pembukaan jalan usaha tani, membuka akses antar desa dan kebutuhan lain masyarakat sesuai usulan kepada kepala desa. Bupati Samosir memonitoring alat berat yang sedang bekerja membuka jalan penghubung dari Desa Huta Hotang menuju Desa Sitinjak. Disampaikan agar masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan alat berat dan semuanya gratis.

Bupati Samosir menyampaikan Program bunga desa untuk bertemu dan melihat secara langsung keadaan masyarakat, serta mendengar aspirasi dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. "Kami ke Huta Hotang untuk bekerja, melayani dan bukan dilayani. Banyak pelayanan yang kami bawa, mari manfaatkanlah dengan baik" kata Vandiko dihadapan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Vandiko mengajak masyarakat untuk belajar membuat pupuk organik cair dan padat. Hal ini disampaikan untuk mengatasi kelangkaan pupuk kimia. Langkah yang ditempuh Pemkab Samosir dengan memberikan pelatihan melalui kelompok tani.
"Menggunakan pupuk organik, hasilnya tidak jauh beda dengan pupuk kimia. Masyarakat Jangan lagi mengeluh tidak ada pupuk, karena pemerintah hadir memberikan pelatihan.Mari kita rubah pola pikir, apabila kita mampu membuat pupuk maka akan ada nilai tambah dan dapat dijual" ucap Vandiko.

Kehadiran Bupati guna memberikan pelayanan disambut baik masyarakat. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat memadati pos pelayanan. Berbagai pengurusan administrasi kependudukan, izin berusaha diselesaikan dengan cepat dan diserahkan secara langsung Bupati Samosir kepada masyarakat . Untuk Desa Huta Hotang, pada tahun 2023 ini Pemkab Samosir memberikan perhatian pengembangan desa wisata rintisan senilai 100 juta rupiah. Hal ini juga untuk memastikan bahwa setiap desa di Kabupaten Samosir mendapat pembangunan secara merata.

Sebagai bentuk kebanggaan dan rasa terima kasih, masyarakat Desa Huta Hotang memberikan ulos (mangulosi) Bupati Samosir.

(Simbolon Slow)
×
Berita Terbaru Update